Monday, April 10, 2023

Nyontek, Bibit-bibit Korupsi

Gua tuh nggak suka bgt sebenernya fenomena percontekan. Menurut gua, kalau udah di ruang ujian, ya udah kerjakanlah masing-masing sebaik mungkin sekemampuannya. Jangan ngintip-ngintip, nanya-nanya yg berkaitan tentang ilmu yang sedang diuji, udah bukan tempatnya.

Kalau jauh-jauh hari gitu nanya-nanya, ya gua... Dengan senang hati akan bantu jawab sebisanya. Atau ngajakin belajar kelompok tuh, rutin, ya boleh jg, gua nggak masalah kalau emang cocok waktunya. Atau kalau minta dijelasin apa-apa yg belum ngerti, ya ayo, kalau emang mau dengan segala kurang lebihnya gua. Bahkan kalaupun gua kurang paham gua tetep akan sungguh-sungguh bantu sebisanya, bahkan gua mau bantu nanya ke temen-temen yang lain, Ibu Bapak Guru, Ibu Bapak Dosen... Kalau emang malu, nggak berani, sungkan, takut, nanya sendiri. Sambil sama-sama kita belajar.

Tapi kalau udah di ruang ujian. Ya udah. Apalagi kadang soalnya suka beda-beda, jawabannya jg pasti beda-beda, sekemampuannya aja diselesaikan sebaik mungkin. Kalau hasilnya jelek kan malah jadi tau salahnya atau kurangnya dimana aja. Kalau hasilnya masih kurang memuaskan juga bisa jadi bahan evaluasi, masih harus banyak berbenah, belajar yang lebih rajin, nyari tau yg lebih aktif. Kalau hasilnya bagus ya alhamdulillah berarti sudah berada di jalan yang benar (you are already on the right tracks), tinggal dijaga aja, dipertahankan prestasinya. Udah gitu. Sesederhana itu. Tidak perlu ada drama percontekan sebenarnya. Apalagi kalau udah kuliah orangtua dan dosen tuh udah nggak "ngemong" lagi, udah harus mandiri seharusnya, udah harus dewasa, kita yang bakal nentuin jalan hidup kita sendiri! Kita yg harus inisiatif kalau emang bener2 mau sukses dunia-akhirat! (Aamiin)

Ya udah gitu aja... Semoga bisa jadi bahan lecutan untuk berubah jadi lebih baik. Terutama sebagai pengingat ke diri saya sendiri dulu yang paling utama. Kalau dirasa bermanfaat untuk yang lain juga ya alhamdulillah. Kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakattu. Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an la Ilaha Illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaih.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.