Monday, June 6, 2022

Hanyut di Sungai

Gua habis nonton ini...

Trs gua tidak terima gitu lho ๐Ÿ˜…


Trs gua komen gini:


Sebenernya di Indonesia banyak jg sungai dan banyak juga yg hanyut apalagi di Jawa Barat
Ada yg komen "saya pernah ke Indonesia dan mereka tidak bisa berenang walau mereka pikir mereka bisa" tergantung jg kalau di Bali emang biasanya bule2 ngajarin renang malah, kaya temen SD aku tp itu jg udh diajarin msh dipesen jg jgn ke yg dalem2 ya di kolam atau yg pinggir-pinggir aja
Tapi kalau kaya saya dr TK sampai dewasa kan belajar renang trs sama guru yg emang lulusan olahraga atau pendidikan gtu lagi, tapi itu aja pas KKN anak-anak berenang di bendungan (yg relatif aman di situ nggak ada arus yg terlalu deras dan batu-batu besar) saya nggak ikutan, di sungainya apalagi anak-anak situ aja nggak berani karena cuacanya nggak bisa ditebak rumah aja bisa keseret
Musibah sih, dan msh muda jg mungkin... Jd kurang berpengalaman atau msh kurang pengetahuan, nyalinya jg berani/nekat kdg kalau msh muda

Kalau di Kalimantan malah ada manusia "ikan" itu dia nggak bisa lama-lama di darat malah karena hidupnya lama di air jadi paru-parunya menyesuaikan sampai ke anak keturunan

Jadi nggak sepenuhnya benar sih ๐Ÿ˜…
.
.
.

Trs Kakak gua jg renang di sungai tp yg di Zurich, trs dia aman-aman aja alhamdulillah. Tp yg kolam gitu ada pembatesnya ๐Ÿ˜… Kakak gua pernah hampir hanyut jg sih tp nggak di situ alhamdulillah masih Allah kasih kesempatan ๐Ÿ™ Sepupu gua jg pernah hanyut di Jogja hujan-hujan lagi trs diselametin gitu sama Tukang Becak, makasih Pak Becak ๐Ÿ™‡‍♀️ Tp itu udah luka-luka dan sampai botak gitu lho kaya di novel Hafalan Sholat Delisa (tentang Tsunami Aceh) makanya gua gedek tuh pas nonton filmnya ๐Ÿ˜‚ Masa nggak botak?! Di Novelnya nggak gini nih. Nggak realistis nih. Sepupu gua aja kebawa air sungai, botak, trs katanya udah pasrah banget gitu ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜” ya alhamdulillah masih Allah kasih nyawa, SD-nya dlu masih di Jogja trs kalau di Jogja sungainya nggak segede Aare jg sih cuma hujan deres itu yg bahaya. Hati-hati ya kalian pokoknya.

Nah trs Kakak gua kan jg les renang jg kan bertiga ama gua selain dr sekolah. Abis itu orgnya jujur jg gitu kaya gua, kan kalau dulu praktek renang di sekolah gua tuh bisa diganti latihan soal gitu kalau sakit, ada halangan fisik, dapet, acara keluarga penting, dll... Gua mah dapet juga nyemplung (soalnya nilainya nanti lebih potensial dapet 80-100 gitu kalau masuk langsung bisa diulang-ulang lagi sampai bagus nilainya). Kakak gua jg dah, jaraaang bgt izin. Trs diving jg kok. Cuma ya nggak senekat itu juga sih.

Trs temen gua yang org Kalimantan jg "Dayah bisa renang?" "Bisa, di desa mah biasa Rum renang" "Jagonya gaya apa?" "Ya gaya-gayaan aja Rum ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚" "๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚" Tp dia bisa kok berenang! Meyakinkan bgt. Instingnya jg bagus. Ini gua mau ni ngajarin murid kaya gini, gampang, berani tp bisa jaga diri jg nahan diri jg. Trs temen gua yg Nafi kemarin yg gua cerita Bapaknya punya pesantren apa gimana gitu anak Fateta. Itu juga jago berenang! Ya sudahlah intinya gua interupsi aja. Pembelaan. Dah gitu aja tx. Trs itu temen SD gua yg diajarin Bule di Bali? Ya kan... Banyak yg bisa tau. Beneran dah gua nggak boong ๐Ÿ‘ Blm bocah-bocah yg di bendungan waktu itu. Trs yg di pelabuhan nangkepin duit. Itu hrsnya diarahin jd atlet ya apa lifeguard bagus tuh masa depannya insyaAllah.

*Oh maksud gua Suku Bajau
Dan ternyata tersebar di Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina nggak cuma di Kalimantan
Trs ternyata livernya yg adaptasi bukan paru-paru

**Zara jg sbnrnya hanyut ya kabarnya cuma berhasil diselamatkan Pak H siapa itu td masih Allah kasih "kesempatan kedua" kaya sepupu aku dan Kakakku, memang blm takdirnya

Ada berita hanyut lagi:

 Sesuai komentar gua di atas td di Indonesia banyak sungai jg dan sebenarnya banyak kasus hanyut jg, innailaihi wa innailaihi roji'un, hati-hati ya semua apalagi barusan di sini hujan deres bgt banjir. Di satu sisi turut sedih dan berduka cita tp di sisi lain pasrah jg tawakal mungkin memang sudah siklus hidup jg...

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.