Thursday, June 9, 2022

Doa Berlindung Dari Fitnah Kaya dan Miskin

Lagi rame pengurus Masjid Salman murtad, jujur gua senyum-senyum sendiri tau kadang kalau denger alasan org murtad. Karena beneran lucu-lucu kdg. Trs secara kultural jg kan udah muslim bgt ya, jd kaya campur-campur gitu agamanya. Apalagi kalau tadinya muslim yg strict bgt, nggak bisa lah lu tiba-tiba melupakan semuanya trs jadi orang yang baru. Tp ya pesan moralnya salahsatunya faktor ekonomi bisa jadi alasan lemahnya iman (dan semakin tinggi pohon semakin kencang angin yg menerpa). Sering-sering berdoalah agar Allah selamatkan dari kemiskinan dan ujian-ujian yg menyertai kemiskinan. Ini salahsatu do'a yg menurut aku bagus bgt:

Faidhul Qadir menyebutkan bahwa ada keterkaitan kuat antara kekafiran dan kefakiran. Sebab kefakiran merupakan satu langkah menuju kekafiran.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسَلِ وَالهَرَمِ، وَالمَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ، وَمِنْ فِتْنَةِ القَبْرِ، وَعَذَابِ القَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الغِنَى، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الفَقْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الَمسِيحِ الدَّجَّال

 “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan usia jompo, perbuatan dosa dan hutang, fitnah kubur dan azab kubur, fitnah neraka dan azab neraka, keburukan fitnah kekayaan; aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kemiskinan dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Masih Dajjal.” (Riwayat Bukhari)

Para ulama menjelaskan salah satu doa yang dibaca oleh Rasulullah ﷺ agar terhindar dari fitnah harta yaitu doa di atas.


Trs gua kan pernah kepo gitu ya, ada nggak sih orang nyesel murtad, kan jd muslim tuh enak ya (kalau kata gua mah). Trs ada ternyata gua nemu di forum-forum gitu, jd dia murtad karena istrinya, trs dia ngaku gitu sebenernya dia rada nyesel soalnya kesepian 😅 (begitu juga sebaliknya sih ada juga)

Sebenernya ada jg yang bilang do'a agar terhindar dari kemalasan, trs maksudnya berlindung dr usia jompo itu maksudnya tua yg tua sekali dan udah nggak bisa apa-apa jg udah sangat remuk anggapannya raganya jd malah tersiksa gitu, wuallahu'alam

Semoga yang punya utang segera lunas ya utang-utangnya

Atau ya yg itu sih "...allahumma inni a'udzubika minal kufri wal faqri..."

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.