Monday, June 13, 2022

Cita-cita

Kenapa ya gua tuh seriiing bgt ambis hanya di awal saja. Gua dulu tuh pernah mau bikin blog baru lagi buat bikin transcript video-videonya Pak Quraish Shihab di channel YouTube Simpan Sehat. Trs gua terjemahin ke Bhs Inggris. Karena pas gua nggak lulus-lulus itu kan gua namatin Qur'an ya sama terjemahannya trs gua ulang-ulang trs ya sampe rada-rada apal. Trs gua nyari terjemahan Bahasa Inggris jg kan dan itu beda-beda gitu sensasinya. Jd gua bertransformasi gitu lho yg tadinya kaya Saipul Jamil kalau ada kata-kata apa gua lsg nyanyiin inget lagu apa, lirik lagu ini itu. Ini gua tiap apa gua inget ayat Qur'an gitu. Yg tadinya gua kaya radio berjalan. Gua jd kaya apa ya pokoknya ya itu gua liat iklan Marjan inget ar-Rahman, berita badai di China Iraq inget ad-Dukhan, jd gitu... Gua sempet merinding jg tuh. Trs kalau gua nggak ngerti kaya misalnya ayat tentang perang nih, trs gua cari gua nonton videonya Pak Quraish Shihab. Dan itu seru bgt. Jadi gua kaya time travel gitu. Malam ini gua ke zaman Fir'aun ikut rombongannya Nabi Musa dikejar-kejar sampai laut merah. Besoknya gua nyimak Pak Quraish Shihab ttg perang khandaq gua bener-bener kebayang gitu ikut ngegali parit lah, ngelempar panah lah, dll muka gua penuh debu dan tanah badan kaku-kaku perut kelaparan udah mana ini lagi ayatnya tuh pas bgt gtu sama kisah hidup gua jd pas mereka pada perang, bangun parit, kelaparan. Gua jg waktu itu lagi bener-bener kelaparan. Dan lemah bgt. Kaya ya ampun ini bagus bgt. Dalam hidup yg penuh aral melintang ini semua orang hrs tau kalau kalian nggak sendiri dulu jg ada kisah-kisah yg nggak kalah menggetarkan serupa. Akhirnya gua udah niat tuh ah kapan-kapan gua bikin Transcript gitu ah. Kaya di TED Talks. Tapi video-videonya Pak Quraish Shihab.

Tp ya udah niat doang aja. Sampai skrg tetep aja nggak gua lakuin...

Sedangkan orang Indonesia aja banyak yang nggak bisa Bahasa Indonesia ya, ada jg yg nggak bisa baca tulis masih, bisa baca jg reading comprehensionnya lemah... Sayang bgt sebenernya melewatkan ini semua. Tp yg penting Bapaknya sudah berusaha menyampaikan, seumur hidupnya, semaksimal mungkin sekemampuan beliau... Hrs ada usaha dua arah jg kalau menurut gua. Disatu sisi gua kaya mau sampaikan disuapin? Di sisi lain tp gua privileged di satu dan lain hal dibanding beberapa orang di luar sana banyak yg nggak sempet dan nggak nyampe jg udah gumoh duluan...

Gua jg baca-baca liat-liat tuh Confucius, Hindu Scripture, Old Testament... Di perpus kampus, tp itu Bhs Inggris ya. Trs Bapak gua jg dulu baca Qur'an dan artinya sampai tamat, liat-liat yg punya agama orang jg. Apa sih namanya quarter life crisis ya, nanti umur 40 ada lagi midlife crisis. Intinya semua orang tuh mencari ya sebenarnya... Dan gua mau membantu gitu dulu. Tp nggak tau kenapa cuma niat aja nggak bener2 direalisasikan. Astaghfirullahaladzim. Kaya selama ini kan cuma bangun sekolah ngikutin alurnya aja. Tau-tau kepikiran aja gitu sadar, gua ngapain ya di hidup ini? Tujuan gua apa? Apa yg hrs gua lakukan selama gua hidup di sini? Habis lulus mau ngapain? Ya begitu-begitulah...

Makanya motivasi gua belajar banyak Bahasa tuh karena gua mau baca Qur'an dari berbagai penerjemah, dalam berbagai Bahasa... Nggak cuma Inggris, Indonesia, Melayu... Karena Qur'annya sama tp terjemahannya tuh bener-bener beda dunia gitu. Kalau di terjemahan Bahasa Indonesia kan surga digambarkan dgn dipan-dipan di luar negeri kaga ada dipan (dipan mah Betawi bgt). Menarik sekali bukan, nyebutnya apa ya? lupa. Trs di Indonesia ada terasering di luar negeri kaga semuanya ada (di Garut mah banyak). Jadi beda negara, beda penerjemah, beda jg terjemahannya tafsirnya ada pengaruh bgt jg ke bahasa yg digunakan untuk menjelaskan Qur'an itu sendiri... Kalau Bhs Inggris gua bacanya Pickthall (lumayan lah banyak soalnya tipis) sama Yusuf Ali (dikit doang tp soalnya tebel bgt)... Nah ini jg beda tapi. Makanya kita hrs baca biografinya jg jangan lupa/luput. Sebenernya org India sih yg banyak berjasa di literatur Islam Bahasa Inggris (kayanya). DNA Test-nya Mba Najwa jg dr India ternyata masa bukan Arab Saudi.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.