Monday, June 5, 2023

Toleransi

 

Kalau semua orang Buddha kayanya dunia ini akan baik-baik aja deh, spiritual journey jalan kaki, hidup sederhana, pokoknya kayanya nggak ada pemanasan global deh
Dulu temen gua SMP out of the blue tiba-tiba bilang gini "Orang Buddha bisa-bisa abis ya lama-lama? Kan nggak boleh nikah, kalau orang nggak nikah semua kiamat dong ya?"
Dia Kristen ni, trs temen sebangkunya Kristen jg, cowok jg, nyeletuk gini "Kenapa kok kalau di Islam kok apa-apa pakai Bahasa Arab" trs gua berantem ni tau-tau nggak tau gimana ceritanya tau-tau ngomongin kemana-mana pokoknya ngobrol panjang lebar, padahal kan mah namanya anak kecil penasaran bebas aja ya wkwk
Akhirnya yg memulai berkontemplasi duluan di awal soal Budha tadi nenangin, udah, udah gitu... Habis itu udah deh kita lanjut ngerjain LKS lagi


Dulu gua nggak bisa bedain Waisak sama Nyepi, waktu kecil

Btw Bapak gua lucu bgt dah, jadi seperti biasa ya kan gua berantem melulu sama Emak Bapak gua, trs beberapa hari yang lalu Bapak gua nyeletuk gini "kurang toleransi!"
Oh iya bener ya bener jg ya astaghfirullah

Tapi gua baru ngeh ya, gua tuh nggak punya temen org Buddha tau


Padahal sebenarnya penting tau, kita punya temen macem2 suku agama, gua pernah baca gitu di lingkungan yg bnr2 homogen tulisan orang di sana tuh sangat apa ya pokoknya selain Islam tuh kaya orang tuh kejam bgt
Padahal nggak lho baik-baik jg ada, ya namanya orang macem2, kesannya selain muslim nggak percaya Tuhan jadi jahat2 bgt
Padahal mau bukan muslim atau muslim jg ya banyak jg yg jahat dan nggak ingat Tuhan, jadi ya tergantung dari dalam jg, dari dirinya sendiri. Allahu'alam.

Sbnrnya di Islam, kalau Islamnya beneran ada juga adab ke hewan ke alam. Sayangnya kan muslim banyak yang tidak paham jg ya agamanya sendiri... Kurang paham gitu... Tapi muslim sih...

Kaya, kalau misalnya bener-bener mengamalkan agama, mengamalkan Qur'an muslim itu yang paling ramah lingkungan jg tipe-tipe warga bumi yg baik bahkan Nabi Muhammad SAW aja hidupnya nggak bermewah-mewahan gimana nggak ramah lingkungan coba?

"Dari Anas bin Malik ra. berkata: Rasulullah saw bersabda: Tak seorang. pun Muslim yang menanam pohon atau menabur benih tanaman, lalu (setelah ia tumbuh) dimakan oleh burung, manusia, atau hewan lainnya, kecuali akan menjadi sedekah baginya" (HR. Al-Bukhari)

Sumber: news.uad.ac.id

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.