Tuesday, June 13, 2023

Anak Asli Indonesia Diadopsi ke Belanda

 
Ini gua habis nonton video-video anak-anak Indonesia diadopsi orang Belanda sedih bgt dah di Channel Jarwo Seongha sih, tp di kanal berita macem-macem juga banyak..

Yang bikin gua sedih mereka tuh keluarganya aslinya muslim-muslim bgt, tapi karena diadopsi ortu Belanda jadi nggak ngerti Islam sama sekali. Ada yg orang Rangkasbitung, orang Pemalang dekat Tegal, orang Bogor, ada jg yg apa namanya gua lupa di Jatim itu kan muslim-muslim bgt kan, ya Tuhan, keluarga kandungnya. Trs ada yg masih bayi, tapi ada juga yg udah umur 6 tahun dan 9 tahun gitu jadi dia msh inget pernah pakai kerudung, pernah belajar Sholat, ya Allah sedih bat, trs dibawa ke Belanda msh kecil bgt.

Trs gua kepikiran jg jadinya kan banyak anak adopsi Korea jg gitu ya, eh pas gua tonton ternyata lebih parah, nyariin Ibunya di Korsel pas udah gede, mereka nggak bisa atau nggak lancar Bahasa Korea jg trs Bapak kandungnya malah nutupin gitu. Wooogh sedih bgt, akhirnya ya udah beliau nggak ada bener-bener, hubungan langsung dengan Korea ya rumahnya ya di Belanda itu keluarga maupun suaminya. Subhanallah. Jadi mereka nih secara fisik dari luar umur 40 tahunan ada, tapi sekilas di dalamnya masih kaya bayi, kaya anak kecil Indonesia dan anak kecil Korea dengan Bahasa asli mereka yg msh putus-putus itu broken language. Gua nggak tau ya, campur aduk bgt, pengen meluk "Adek-adek" ini 😫 rasanya. Sekilas orang Indonesia orang Korea, tapi orang sana bgt udh "software"-nya. Trs ya itu udah ada yg berhasil ketemu sama Ibu kandungnya, alhamdulillah, tapi jadinya nggak bisa atau kesulitan komunikasi deh karena beda Bahasa. Btw kalau di Islam ngadopsi anak nggak boleh ngilangin atau ganti bin/binti ya, jadi anak berhak tau ortu aslinya. Sekilas info aja ni ygy.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.