Thursday, June 15, 2023

Terlalu Mengkultuskan

Kadang kita terlalu mengkultuskan sesuatu sampai akhirnya malah nggak dipergunakan secara semestinya kaya contohnya Qur'an nih kadang kita terlalu mengkultuskan mushaf/Al-Qur'an karena kita kan diajarin untuk ditaruh di atas ya? Tp malah jadinya cuma dipajang doang sampai berdebu. Trs kan adabnya wudhu dlu ya kalau mau baca, tapi kan kalau kentut mulu gimana? Trs pas gua udah gede disuruh harus pakai kerudung dulu ketutup semua kalau mau baca nggak boleh sembarangan. Sebenernya gua paham sih. Tapi itu tuh bagi gua memberatkan. Padahal sesungguhnya gua juga kalau nyimak kajian yang ada Qur'an di dalamnya walaupun di rumah aja auto nyari kerudung jg sih. Tapi jadinya ya gitu apalagi udah gede udah menstruasi udah mulai nggak sholat. Itu tuh semakin menjauhkan gua dari Qur'an jadi nggak baca-baca, emang segitunya ya? Kalau mau baca Qur'an harus selalu wudhu? Harus ketutup/kerudungan? Ah kayanya nggak ah. Nggak usah gitu-gitu amat, ujung-ujungnya malah jadi nggak baca-baca. Semoga ada keringanan soalnya gua nggak selalu suci. Tapi kalau nggak boleh bersentuhan Qur'an sama sekali nunggu suci ya jadi sedikit bgt waktu sama Qur'an dong? Ah kayanya nggak gini-gini amat deh, kalau gitu gua masuk ke golongan belajar aja, insyaAllah dimaafin kan kalau salah-salah. Atau ya udah pakai Qur'an terjemahan trs aja. Setidaknya.

Padahal namanya aja Qur'an? Ya untuk dibaca? Kalau dikultuskan bgt, namanya jimat dong? Sedangkan nggak boleh juga sebenernya di Islam Qur'an dijadiin jimat, ya bolehnya tujuannya untuk dibaca!

Trs kadang orang tuh ekspektasinya ke orang lain lebih tinggi daripada ke dirinya sendiri. Kaya misalnya kalau gua nggak boleh ini itu, padahal mereka sendiri ngelakuin itu, di satu sisi gua sih makasih-makasih aja ya. Tapi kadang kala, gua ngerasa kayanya nggak gitu deh, orang tuh terlalu keras sama urusan agama orang lain di hal-hal yg sebenarnya sepele. Tapi kalau nggak yg sepele malah kadang luput diperingatkan!

Padahal yg Qur'an jg yang di dalamnya kandungannya bacaannya, kalau yg udah berbentuk buku ya buku aja. Tapi kalau untuk sebagian orang Qur'an tuh emang berharga bgt sih karena susah untuk punya Al-Qur'an, jadi satu Qur'an aja bisa ganti-gantian sekeluarga buat ngaji. Jadi ya nggak papah jg dijaga bgt, tapi kalau sampai ke tingkat terlalu dikultuskan, sebenarnya itu kurang baik jg tau.

Tapi setidaknya, masih mending ya nggak berdarah trs. Wuallahu'alam. Kadang-kadang harus banyak inget-inget dulu ada masanya dimana gua pengen banget dapet, udah pada dapet tapi nggak dapet-dapet sendiri, biar nggak jadi na'udzubillahimindzalik kufur. Ada masanya keputihan aja udah seneng bgt. Tapi ya tetep aja sih, gua nggak suka contoh nih contoh orang mewajibkan gua sesuatu yang sebenarnya sunnah, padahal sendirinya jg belum tentu selalu ngelaksanain itu.

Malah kan kalau di Islam sebenarnya diajarin, perkara agama, lembut ke orang lain lebih keras lah ke diri sendiri dulu...

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.