Thursday, May 18, 2023

Kemampuan Mendelegasikan...

Ya Allah, ternyata nggak cuma punya anak perempuan yang tanggungjawabnya berat
Atau punya istri
Punya ikan-ikan betina jg berat tau
Kalau msh muda udah digabungin rentan hamil muda jg ternyata dan lebih gampang mati
Trs kaya burung gitu ikan nih, harus bersih, ngasih makannya rutin jg kalau bisa waktunya nggak ganti-ganti, dijemur kaya tanaman jg, dll
Makanya kalau sungai kotor, susah ikan kan hidup

Seujian-ujiannya ortu, ini bikin gua sangat, gmn ya, hebat ya emang seorang Ibu, kita hrs berbakti gimana pun jg Ibu, Ibu, Ibu, baru Ayah
Pertama, ikan Guppy betina sama bayi tuh rentan bgt... Awal-awal mati jamuran, lupa gua angkat atau masukin ke dalam rumah sampai pagi lagi, Ibunya...
Trs ada yg hamil lagi ternyata tapi lompat keluar gua nggak sadar kebanyakan airnya habis dicuci dikuras tau-tau udah kering gitu ada ikan di luar gua lihat dengan keadaan perutnya koyak, tiba-tiba banyak burayak lagi, kalau lihat sedih bgt deh
Pantes ya Ibu yg meninggal saat melahirkan dihitung syahid
Itu juga mati lagi beberapa, sama, sisa satu anaknya, skrg guppy dewasa sisa satu jg nggak tau betina apa jantan



Trs bibit-bibit nila udh mati dari kapan tau

Udah gitu cupang betina yg pertama awalnya baik-baik aja, trs babak belur abis dikawinin, trs udah mulai gemuk kan gua rasa udah mulai ada telur tapi belum dibuahi, jantannya jg caper, eh gua gabungin lagi malah mati, masih belum fit kayanya, koyak jg badannya luka-luka blm benar-benar sembuh
Cupang gua skrg tinggal satu jantan
Trs gua beli betina lagi ilang gitu aja (kayanya dimakan kucing)

Yg tadinya beranak pinak Guppy nggak sengaja 11 apa ya sampai, sisa 2, gede 1, kecil 1

Harusnya dulu gua kasih atau jual aja, jadi nggak kewalahan, harusnya gua satu-satu aja, jgn FOMO? Panik? Jgn lsg ini itu maunya semuanya dikerjain dituntaskan dalam satu waktu, santai aja satu-satu malah nanti jadi nggak kepegang semua, harus belajar memanajemen waktu, dan belajar mendelegasikan pekerjaan, pdhl gua ambil alih tanggungjawab ikan ini gua urus sendiri yg tadinya msh dibantu, niatnya biar bisa fokus nggak internetan mulu, udh belajar aja, sama sesekali biar nggak jenuh ngurus ikan tp malah nggak bisa lepas pasrahin msh Twitteran aja sampai sekarang, doain aku ya biar lebih banyak waktu buat anak-anak ikan aku

Padahal tadinya, karena pandemi aja, mainan cupang, ngisi waktu di rumah aja, biar nggak stres jg ngeliat ikan berenang-renang, eh cupangnya caper minta kawin, guppynya alhamdulillaah, beli dikit tiba-tiba beranak-pinak ternyata hamil

Pdhl tadinya gua mau latihan jg aja kalau kelak punya lahan yang lebih luas lagi sendiri, ternyata belum step up the game, udah keburu habis duluan staminanya, semangatnya, udah kewalahan duluan, blm seberapa, nggak fokus berceceran mau ini itu

Astaghfirullah, dan yg pasti, gua belajar ikhlas

Harus belajar mengikhlaskan ngurus anak ikan ni, butuh kesabaran dan ketekunan, kalau mau udahan ya dijual aja semua atau dikasih-kasih ikhlasin, harusnya dulu gua jual aja kasih-kasih, jd nggak pada mati, kewalahan begini, tapi kalau masih mau lanjut nggak bisa dilepas gitu aja, harus tekun, harus ada yg direlain hal-hal yg lain diikhlasin biar bisa lebih fokus ngurus, misalnya ngurang2in internet

Mau ngelepas ke kali jg nggak mungkin, kalinya kotor, ya Allah, astaghfirullah

Ya Allah, nggak kerja-kerja karena shock, banyak pekerjaan yg keras bgt, banyak intrik, tapi ternyata nggak jauh beda ini gua menzalimi diri sendiri jg jatuhnya, sayang gila waktu kebuang-buang gitu aja, nggak bisa nyalahin cowok lagi juga, nggak kerja-kerja, nggak boleh, karena udah lewat ujiannya, bagian itu, harus udah mulai serius umurnya, masa nggak punya apa-apa udh setua ini...

Huft, jd orang dewasa itu berat ya

Siapapun di luar sana, yg baca, doakan aku ya, semoga bisa sukses dunia akhirat, doain aku biar aku benar-benar rajin berdoa, benar-benar taubat, dan diangkat, musibah-musibahnya, calamity, kekacauan hidup, dll

Yah silahkan ya yg terinspirasi, mencari peruntungan lewat sini, yg terinspirasi tiba-tiba dapat pencerahan apa gitu, yg sekiranya membantu, ini gua berbagi ilmu, cuma-cuma tp sangat berharga, hargailah, jangan disia-siakan, jgn nggak bersyukur, berterimakasih lah kepada Allah jgn kepada aku, karena aku jg dapet banyak pelajaran dan petunjuk karena Allah jg, jgn sampai aku jd sombong, jgn jg blm bersyukur udah ngelunjak udh ngeluh aja lagi yg nggak pantas, padahal barangsiapa bersyukur niscaya Allah tambahkan nikmatnya wassalam

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.