Thursday, May 25, 2023

Krisis Ustadz

Jadi, gua nonton di channel YouTube Arek Pati ya, satu kampung di Bekasi gagal sholat Jum'at. Gara-gara nggak ada imam/khatibnya. Astaghfirullah innalillahi wa innailaihi roji'un. Dalam hati gua langsung, parah bgt, masa sih satu kampung nggak ada yang bisa jadi imam? Seinget gua di SMA tuh ada praktik Khutbah, nggak usah madrasah atau pesantren jg, ujian praktik agama tuh ada banyak kan salah satunya milih gitu praktik khutbah atau sholat Dhuha suratnya ad-dhuha trs as-syam kalau nggak salah, karena gua cewek ya gua sholat dhuha lah milihnya, tapi gua blm apal tuh surat-suratnya, alhamdulillah gua pas hari H hafal dong! Ad-Dhuha, memang ala bisa karena terpaksa ya guys kadang, nah tapi raka'at kedua gua blm hafal tuh gua minta diskon, boleh surat lain nggak Pak? Boleh, tapi nilainya nggak 100 gitu kalau nggak salah, karena sampai titik darah penghabisan gua belum PD jg ya, ya udahlah daripada gua nggak lulus kan. Wkwk. Yg cowok-cowok jangan parah-parah amat gitu lah, kata content creator-nya ilmu agama itu ada yg fardhu 'ain, wajib, harus kalian kejar, cobalah MUI diedukasi parah bgt ini, trs terakhir-terakhir ditutup dgn "moga-moga adek gua cepet balik dari pesantren lah".

Lagipula, kalau pun, kalian tidak sekolah, apakah kalian tidak mengaji gitu? Kerjaaa mulu hidupnya? Nanti kan kalau meninggal jg gimana? Masa mau gali kubur sendiri, nguburin diri sendiri? Mau nggak mau ya saling tolong-menolong lah. Kalau memang nggak ada yg tau ya undang lah Ustadz dari luar apa gimana, atau ya itu bnr sekolahin anak-anaknya ke pesantren. Jangan kacau-kacau amat lah. Masa pandemi di rumah aja baru 2 tahun udah nguap gitu aja semua ilmunya?! Bukannya malah makin hafidz gitu kek. Berilmu. Di rumah mulu.

Masa gua sih yang jadi Ustadz? Kan gua cewek ya.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.