Thursday, February 23, 2023

Biaya Haji




Biaya haji nggak jadi naik 60jt guys

Btw waktu ke bandara kemarin saya melihat rombongan keluarga kerabat jamaah umroh gitu ya, trs ujung-ujungnya aku nanya apa gitu ngobrol-ngobrol trs kata Bapak aku "...tapi kan yg wajib haji..." trs aku lsg deg iya jg ya jaman dlu sering nggak bisa haji karena pas sampai sudah lewat waktunya akhirnya umroh aja trs coba lagi tahun depan, ternyata jaman sekarang jg ada aja ya ada pandemi dan inflasi jg, eh ndilalah blm bisa lagi, blm bisa lagi, tapi semoga semua bisa umroh haji ya aamiin kalaupun nggak setidaknya ada azzam dan niat biar Allah itung pahala trs setiap nyari nafkah selain untuk menghidupi keluarga dan/atau diri sendiri yg msh sendiri huhu

Rincian biaya haji tahun lalu:



Intinya siapin sekitar minimal 25jt (kalau yg reguler) dlu aja msh, ntr dapat nomor antrian

***
Gimana kalau di negara lain? 

Baru Pertama Kali Terjadi, Taliban Kembalikan Uang Jemaah Haji yang Kelebihan Bayar

DUNIA | 15 September 2022 16:42Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pemerintah Taliban mengumumkan akan mengembalikan uang jemaah haji yang kelebihan bayar biaya naik haji tahun ini.

Pada musim haji 2022, jemaah haji Afghanistan mengeluarkan biaya sebesar USD4.130 atau sekitar Rp61 juta. Namun, biaya yang dikeluarkan ternyata lebih kecil dari ongkos yang disetorkan tersebut.

"Kementerian Haji dan Urusan Islam mengumpulkan USD4.130 per jemaah selama musim haji. Dari jumlah tersebut, hanya USD3,614 (sekitar Rp53 juta) yang dihabiskan, oleh karena itu sisanya akan dikembalikan ke jemaah," jelas penjabat Menteri Haji dan Urusan Islam Afghanistan, Shaikh Noor Mohammad Saqib kepada wartawan dan jemaah haji pekan ini, dikutip dari laman The Kabul Times, Kamis (15/9).

Saqib menyampaikan, kementerian akan mengembalikan uang sebesar USD515 atau sekitar Rp7,6 juta untuk masing-masing jemaah haji di seluruh Afghanistan. Dia menambahkan, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berlangsung lancar.

Kementerian Haji dan Urusan Islam Afghanistan mengumpulkan total USD53 juta atau sekitar Rp790 juta dana haji dari 13.000 lebih jemaah pada musim haji tahun ini, tapi yang terpakai hanya USD46 juta atau Rp685 juta. Ini pertama kalinya pemerintah mengembalikan sisa kelebihan biaya haji yang disetorkan jemaah. (mdk/pan)


 ***
Baik ya Taliban nih sebenernya. Segitu kira-kira 61 juta tapi dibalikin jadi sekitar 53 juta rupiah, tapi murni dana tabungan atau setoran dari orok sampai tua kayanya kalau di sana trs lebih dekat juga lagi, ongkos transportasinya nggak bisa disamakan, bukan lewat tabung haji dan dana manfaat dlu jg pula

Semangat trs ya jaga warung, dagang sayur, dagang bubur, dll-nya lagi!

Hari ini kita berjuang lagi walaupun hanya seribu dua ribu insyaAllah ada aja jalannya kalau udah Allah panggil kalau udah gilirannya kata Pak Ustadz Allah SWT memampukan yang rindu yg mau



Masa dulu aku punya temen ya dia bukan muslim masih setau aku, tapi masa dia pengen ikutan haji 😅😭

Ya kan, maksud gua, nggak tau jg ya 💁‍♂️ udah lama nggak ketemu, udah mana seneng dengerin Qur'an lagi, soalnya waktu itu gua nonton, Ibunya kerja di Cina malah mualaf

Mungkin ini sudah saatnya travel umroh haji menawarkan jasanya ke semua, gua aja pernah dikasih brosur paket pemberkatan+wedding padahal jelas-jelas gua pake kerudung, ya namanya juga usaha ya (dalam hati gua) pdhl gua udah bilang "eh nggak" tp "nggak papah ambil aja" trs langsung kabur gua

.

Lagipula saya nikahnya mau yg kaya di Sang Kiai itu Mba, secara Islam
Kaya si Harun, ketemu di Pasar, trs kata Pak Kiai "mau tak nikahkan?" trs akad udah di masjid
Nggak ribet, nggak usah di-bully dlu suka ayo, nggak suka ya udah cowok masih banyak
Selamat ultah NU btw pibedey

Tapi gua ngerti sih maksudnya resepsinya gitu ya, pestanya pakai jasa WO tempat beliau aja, tp masalahnya blm ada jodohnya jg Kak

Tp gua itu sempet baper jg sih nggak tau kenapa perasaan gua campur aduk, di satu sisi gua makasih cuma liat-liat dikira calon klien, padahal aku cuma main ngunjungin temen aku buka booth jg pameran promosi ngewakilin pemkotnya kalau dia bawa produk daur ulang 😌
Tp di sisi lain gua "nikah sama siapa??? huweee" trs gua tersadar lagi-lagi oh ternyata gua udah gede ya udah pantes nikah umur2 nikah huweee Mama aku mau diculik
Dulu gua nangis tau ada yg bilang suka 🤧😔 sebenarnya kalau ke ortu gua nyampeinnya gua nggak papah mungkin, tapi kalau ke guanya langsung aduh ya Allah dia aja malu pakai perantara kok, salahnya cuma itu, kenapa nggak dia nanya kontak Bapak Ibu aku dlu ngehubunginnya ortu aku mau kenal satu sama lain dlu gtu

.

Btw tau nggak kenapa gua belajar Bahasa Arab dlu yg prioritas? Belajar yg lain jg sih tp mksdnya yg rutin dan sungguh-sungguh bgt gitu aku luangin waktu... Padahal kan gua pengen kerja di mana aja jg, nggak harus Arab, yg penting bisa nabung umroh, dan nggak ngelanggar nilai-nilai agama?
Soalnya gua percaya aja kalau orang pinter berkaitan ilmu Al-Qur'an (termasuk belajar Bahasa Arab kan gua itu belajar Qur'an jg nih) itu insyaAllah pinter juga yg lain
Kaya Mbah Moen kan beliau minimal bisa Bahasa Jepang, Belanda, Indonesia, Arab, Jawa pinter ya

Al-Qur'an nih bikin cerdas tau, dan mencerdaskan akhlak jg nggak cuma cerdas berpikir atau mengencerkan otak (jadi lebih cepat tanggap dll)

.

Btw kalau kalian nonton Sang Kiai itu beuh parah bgt deuh jaman penjajahan Jepang dlu, udah disuruh seikerei ke matahari, disuruh kerja rodi tp hasilnya buat mereka sama kadang-kadang Jerman jg sih yang ikut2an ngambil hasil panen kita, udah gitu pesantren juga diotak-atik, dll yg lebih parah-parah lagi dah pokoknya nggak tega sedih dah (padahal tadinya janjinya mau membebaskan dari penjajah eh malah ikutan ngejajah)

Makanya kalau buat orang Indonesia, Cina, Korea, dll Bom Hiroshima Nagasaki tuh bikin campur aduk bgt

Di satu sisi kaya kejam ya Amerika kejam bgt tp di sisi lain kalau tau Jepang dulu kaya gimana beuh dlm hati "they deserve it" pasti sekilas ada jg apa namanya sekelibat kaya gitu

.

Yg jadi Harun ini Adipati Dolken harusnya Adipati Dolken sama Al-Ghazali Köhler ni bikin ini ya OMDA Jerman haha, OMDA mah Organisasi Mahasiswa Daerah ya nggak masuk tp ngerti kan maksud gua? Apa nggak komunitas Anak Sumatera kaya di Film Buya Hamka tapi versi keturunan Jerman

Jadi nanti kalau butuh aktor atau model yg kebule-bulean mereka di grup tinggal jarkom aja, nih ada casting nih gengs, apa nggak kalau tiba-tiba udah ada janji gitu, tinggal chat aja kerjaan nih ada yg bisa gantiin nggak nih, ntr yg orang Sumatera bikin jg isinya Jepri ngajak tinju, sama Aldy Taher

Maia Estianty ni hidupnya agak menarik ya habis nikah sama keturunan Jerman eh nikah sama keturunan Yahudi anak-anaknya nanti bisa bikin neo-nazi sama komunitas anti-semit dah 😱 astaghfirullahaladzim cangkeme 🤐 maafin ya guys aku bercanda 🙏 nggak mau beranak lagi kok Bunda Maya jg

Arumi Bachsin juga tuh ya, Ibunya tadi gua Google Anna Müller, masih saudara nggak Tante sama Thomas Müller? Arumi tapi udah nggak ngartis sih, udah sibuk jadi istri, Ibu, Bu Wagub ya? Pokoknya itu dah

Trs ntr Ibunya Adipati sama Arumi bikin jg lagi tau-tau komunitas Ibu Jerman suami Indonesia, dunia sempit, oh salah deng Maria Lilian Pesch nama Ibunya Arumi, Anna Muller Ibunya Sophia Latjuba neneknya Eva Celia, ya udah tuh dapet 3 anggota, Ibunya Adipati, Ibunya Arumi, Ibunya Sophia Latjuba eh 5 deng sama Sophia Latjuba jg Ibunya Eva Celia, sama Eva Celia jg kan suaminya orang Indonesia, oh sama ini ya Jennifer Bachdim... 6 aja tuh... Hebat ya bule nih anak 4 nggak pakai ART Kiyomi, Kenji, Kiyoji, satu lagi belum tau... Angela Merkel jg ya nggak pakai ART. Sambil jadi Perdana Menteri jg lagi nih, pinter Bahasa Rusia jg, Bahasa Polandia jg barusan gua Google, chemist jg, doktor. Gua mah nggak bisa dah 🙏🙏🙏 Harus pakai kayanya 🥺 mulai sekarang ojo dibanding-bandingke 🏳️🏳️🏳️ Gua baru tau presiden jaman Merkel namanya Köhler jg

Masalahnya Bapak gua Kakak gua jg dari kecil pakai pengasuh 😫😬 jadi ya udah
Jangan dipaksa mau Bapak gua, Kakak-kakak gua, gua jg
Kalau di luar sana pada bisa, ya udah gua kagum, gua salut, tapi kalau gua kalau bisa sih pakai ya maunya 🙏🙇‍♀️
Gua sayang anak-anak gua, keluarga gua, Ibu Bapak gua, suami gua kelak insyaAllah, gua suka bersih-bersih, tapi tetep berat kalau sendiri
Ya udah siap-siap Dhuha guys bye

Oh ini tau Nadine Chandrawinata juga ya, Nadine kopi buatanmu numero uno
Kakaknya Marcel dan Mischa, hatiku bimbang namun tetap fikirkanmu, gua kira dlu Alexandria ini bercerita tentang jalan-jalan ke Al-Iskandariyah, Mesir tau, demi Allah... Ternyata nggak ada Mesir-mesirnya samsek

Where's the Alexandria though? (Dimana Alexandrianya?). Gua pergulatan batin bgt tuh, mungkin gua masih kecil jadi nggak ngerti, btw karena masih kecil gua nggak berani nonton jg soalnya temanya cinta-cintaan gitu kan bukan film anak-anak lah pokoknya paling cuma nyimak sekelibat-sekelibat aja OST-nya di MTV lah di rumah saudara gua yg beli kasetnya, gratis poster dah kayanya

Trs skrg udah paham tp, ternyata nama ceweknya Alexandria 🤦‍♀️

Fachri Albar sama Irfan Bachdim sama-sama keturunan Yaman

Sebenernya pribumi tuh ilusi tau, orang Indonesia tuh dr dulu campur aduk bgt, teori manusia purba jg kan ada yang kita semua dari Afrika lah ada macem2, apalagi ada yang namanya bencana alam, zaman es, dll

Itu Raline Shah sama Raffi Ahmad jg ada keturunan Pakistannya

Gua pure blood Jogja sih tapi kan orang Jawa dari zaman dlu jg ada banyak berseliweran orang India, Cina, kerajaan Champa, yg dari Sumatera jg, macem2 nggak murni-murni bgt pribumi jg, di Jawa juga kan banyak sub suku-suku sbnrnya, tp ya nggak tau sih gua blm tes DNA jg, tapi kayaknya sih nggak ada sama sekali kalau Belanda sama Inggris wkwk skrg org Jawa nikah sama orang Papua Sulawesi jg udah banyak jd nggak relevan bgt sebenernya rasisme, white-supremacists, nggak boleh ngerendahin orang lain tau atau kelompok lain yang namanya manusia pasti setiap orang ada kurang lebihnya kalau salah kecamlah perbuatannya jgn orangnya pengingat terutama ke diri sendiri

Gua pernah nonton video slide teori sejarah masuknya Islam ke Indonesia di YouTube kalau Aceh itu banyak pengaruh Otoman Turki, kalau Sumatera Barat banyak Arab Saudi, kalau Jawa banyak yg dari Mesir, makanya corak berislamnya jg beda-beda, ada juga dari Cina, dll banyak dah ada jg yg dari Iran (Persia) nama Syah digunakan di keluarga Raja-raja di Persia digunakan juga di Raja-raja di Malaka, banyak dah di YouTube trs dari Gujarat, India dan sebagainya jadi kalau haji kita nih kumpul keluarga jg sbnrnya, orang Indonesia banyak jg yg bantu menyebarkan Islam di Afrika walaupun dari jaman Nabi Muhammad hidup Afrika udah pada muslim jg banyak, mudik jg tapi versi lebih akbar ke kampungnya Siti Hawa kan teorinya Nabi Adam turun di India, Hawa di skrg Mekkah, kalau gua nonton Kang Rashied Musafir Trans 7

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.