Saturday, September 4, 2021

Proses Pembayaran Gagal

Ngomong-ngomong dulu rame sumbangan Akidi Tio 2T untuk bantu penanganan Covid-19 Indonesia ya... Gua jd inget, gua tuh punya bill yang belum dibayar cuma 1 sen apa berapa gitu gua coba-coba aja

pake market place luar negeri ternyata ada AVT (added value tax) sama listing cost gitu dlm hati gua ucet org nyari duit blm apa2 udh dimintain ongkos... Trs gua cancel dah tp tetep kena charge... Sebelum bikin akun shop udh hrs ngasih detil bank utk keperluan transaksi si. Udh gua kasih segala detil bank seperlunya milik gua buat proses pembayaran tp nggak bisa2 kayanya dia hrs pake kartu kredit gitu deh ntr jd auto kepotong utk pembayaran2 dikumpulin dlu disatuin dijumlahin tiap bulan atau pake dompet digital bisa sih masalahnya gua buka rekening dompet digitalnya kaga bisa2... Ya udah nanti lah pas gua udh bisa bikin dompet digital atau mungkin bikin kartu kredit lsg tutup lg cuma buat bayar utang tp nggak lah jangan. Cuma ya nggak adil dong? Masa harus bgt pake kartu kredit? Padahal isinya sama-sama duit... Tinggal kasih page/opsi buat masukin PIN. Trs baca2 kalau lu nyari kerja trs malah keluar duit sebenernya lebih cenderung scam soalnya yg namanya org nyari kerja ya kan udh jelas2 nyari duit malah disuruh bayar


Tp sebenernya intinya gua udh niat bayar sama sekali nggak niat kabur, bukan niat bayar lagi udh pencet bayar malah tp gagal, ya cuma recehan gitu jg si... Lebih mahal ongkosnya jg sih drpd pokok pembayarannya itu sendiri

Udh gua kasih detil kartu debit salah satu bank gua... Sampe alamat bank segala (disuruh masukin kode, vcc, dll yg mana sensitif hati2 ya teman 👍 temen gua ilang 20 jt di BRI via tokped ditipu lewat telepon)

Tapi ternyata nggak bisa auto bayar bill


Dan itu bukan rekening kosong ya! Sampai sekarang masih isi dan gua cuekin aja dulu krn wkt itu buat belanja online gabisa kayanya kartunya hrs ganti elektronik ke chip atau emang ATM-nya bapuk


Nggak tau kenapa gak jd2 agak jauh soalnya banknya. Udh niat bikin M-banking dan internet banking segala padahal sekalian tp entah kenapa nggak jd2. Lebih baik di rumah aja jg kan katanya 🤪


Atau ya itu td tunggu ntr gua bisa bikin dompet digital yg bisa dipake di market place itu buat belanja2 di sana maupun nerima hasil pembayaran produk... Yg wkt itu gua udh coba tp blm bisa2...


Trs pas rame Indonesia pengen ikutan bikin gituan... Pajak sembako segala... Jujur, mau nangis darah gua rasanya. Untung berita terbaru gak jd. Alhamdulillah. Kenapa sih berani dan ngincernya sama yang kecil-kecil? Kalau kaya gitu ngapain jd pemerintah jd petugas siskamling aja. Pengen fasilitas presiden, kementerian, dll pelayanan lurah...


Oh iya kemarin masa presiden rame bagi2 bantuan aja malah nimbulin kerumunan mulu, udh tau pandemi, parah bgt gak si? Gua ngeri kaya pas ada org lebaran bagi2 zakat sedekah malah kegencet, keinjek, meninggal. Yaelah Rum katanya kaga mau kritik pemerintah lg bosen

Tp beneran deh, biar apa si orang bagi-bagi bantuan berkerumun di publik gitu? Biar gampang? Biar keren? Biar pada tau? Yg butuh nggak sabaran pula gedeg gua... Astaghfirullahaladzim. Yg ngasih jg nggak peka bukannya disamperin aja ke rumahnya masing-masing lsg apalagi kdg ada yg lansia sasarannya... Tp tetep di satu sisi bagus niatnya pengen bagi2 bantuan lg susah gini, salahnya tuh ya cuma itu di tempat umum fuqara dan masakinnya berebut nggak sabaran! Mau disamperin pendataannya bapuk hadeuh

Trs yg lebih bahaya lg ini kalau sedekah di publik nggak diem2 tuh kecemburuan sosial... Kaya yg wkt itu tukang becak dibunuh, cuma gara2 dia dikasih sedekah tp sebelahnya melarat dan butuh jg nggak dikasih/kedapetan, ih ngilu bgt gua itu beritanya


Berarti Tokopedia dermawan bgt ya? Kaga perlu "nyewa ruko" 😅 Bagus sih, org rata-rata pedagang kecil jg, kalau yg baru mulai belajar usaha ya berat bgt pasti kalau ada begituan gimana entrepreneurship mau tumbuh blm apa2 udh kena biaya ini itu. Eh tapi trs di Tokped jg jdnya gua belanja mulu pake OVO gak jd jualan 🤦‍♀️ Yaaa msh bisa dpt duit jg sbnrnya dr iklan produk serupa apa gmn

Jd inget lagi dulu gua jg pernah tuh kesel bgt ada yg kritik pemerintah soalnya ada org jualan di jalan, katanya nggak tertib, ya emang si tp ga semua org mampu beli toko gimana? Jualan mah jualan aja bentar, laku pulang, apalagi kdg jauh2 dr desa nyari keramaian serba salah emang jd org susah di mata org kaya ibukota dianggap lusuh, nggak rapih, nggak tertib... Sekarang udh ada olshop sih tp tetep msh banyak orang yg belum melek digital jg sbnrnya... Tp ya ttp semua sbnrnya ada tempatnya msng2 si

Ya intinya sampai sekarang gua gak pernah pake online marketplace luar apapun krn pembayarannya ribet


Dulu gua narik ATM di luar negeri jg kaga bisa padahal ada tulisan VISA dan MasterCard-nya ya udah lah (jdnya manual aja btw)

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.