Monday, February 28, 2022

Bukan IT, Tapi?

Gua kira IT doang yang harus selalu update dan belajar
Ternyata tidak
Btw jaman sekarang banyak bgt yg disyari'ah2in waktu itu gua kritik link aja, skrg SBN, imbal hasil tp persen jd ya sama aja suku bunga tp diganti aja kata2nya bunga sekian persen jadi imbal hasil sekian persen
Padahal bagi hasil tuh ada 2 profit sharing sama profit loss sharing dan nggak ada imbal hasil tetap sekian persen, paling cuma dikasih tau rasio aja misalnya 1:2
Btw ini nggak ngeluh ya intinya mah sama aja bukan gua target marketnya
Mungkin bisa gitu ya pakai bahasanya jd setara sekian persen
Sebenernya gua tuh cuma nggak mau aja jd gimmick marketing aja
Harus jujur, konsumen berhak mendapatkan informasi sejelas-jelasnya

Dulu gua sering ditanyain dosen gua yg dr Ekonomi Pertanian apa bedanya? Ntr gua bimbingan lagi pertanyaannya sama aja gitu lagi, masalahnya bukan gua yg menjalankan industrinya, jadi ya gimana ya

Maksud gua mau dicecer dosen kaya gimana juga ya emang sekilas belum bener2 beda kelihatannya, ya masa gua mau ngasih ngajar sekian slide sekian SKS ngejelasin dalam sekali bimbingan? Jdnya gua sempet gedeg jg tuh, kalau beliau kan emang dibayar ngebimbing gua dr awal gua ambil skripsi duluan sampai nambah sekian tahun krn nggak lulus-lulus, gua mah kan nggak dibayar "Ya harusnya tetep dong harus bisa buktiin hasil belajar selama ini?" Misalnya beneran gua jelasin nih yg idealnya gmn. Tp nanti pasti kena lagi gua "Tp nggak tuh Bank Syariah di Indonesia gak gitu". Ya emang iya blm ada yg ideal, apakah negara mayoritas muslim ada yg sudah benar-benar Islami? Ya nggak juga kan... jadinya yg dicecer harusnya jangan ke Saya Pak, tanyalah ke Dosen-dosen saya, tanyalah ke Komisaris-komisaris, tanyalah pada angkatan-angkatan Bapak sendiri... kenapa kok udah merdeka tapi masih gini-gini aja? Kenapa jadi gua? Kenapa? Ujung-ujungnya gua cuma bisa bingung dan seperti orang-orang pada umumnya responnya ke gua "Ah sama aja". Tp waktu itu pernah Bapak dari Bank atau institusi mana ya penjelasan yg paling sederhana diibaratin gini "Zina sama nikah bedanya apa?" Ya bedanya cuma di akad memang kelihatannya sama aja tapi tetep beda. Paling itu aja ujung-ujungnya jawaban pamungkas gua. Tapi ya gua gedek lah tetep, orang-orang tuh kalau abis nanya gua dari jurusan mana? Ambil kuliah apa? Mereka tuh abis itu nanya lagi tuh lebih jauh kaya nggak tulus... kaya udah punya jawaban sendiri gitu lho, tp ya nanya cuma sekedar pancingan aja biar dia bisa argue balik pokoknya gitu deh habis itu ya tetep aja prejudice dia yg dia percaya sebelumnya yg dipegang ya tetep kekeuh, kaya nggak ada gunanya jg diskusi atau gua mencoba menjawab. Kecuali ada tuh satu dr Aceh gua pernah ketemu ini emang beneran curious dan emang beneran mencari gua tuh bisa merasakan. Bahkan dulu gua kan punya satu geng nih, trs ada dua orang ini beda bgt yg satu beneran tulus berusaha menghindari, yg satu kaya ngeremehin bgt gitu anggep gak ada bedanya, emang dia nggak sadar kah ada gua? Gua jujur lebih bisa akur sama yg nggak pakai hijab kerja di Bank Konvensional tp mengakui gitu sebenernya ini tuh nggak islami. Drpd pakai hijab tp nganggep sama aja. Ada jg temen gua yg mengakui jg, pakai hijab, kerja di Bank, nah itu jg kalau bahasa PPKN-nya masih bisa gua bertenggang rasa. Boleh banyak perbedaan tp keseringan ya udah aja gitu baikan lagi. Btw yg ini yg waktu itu gua bilang kalau dia pacaran haram menurut dia, tp dia pacaran. Kalau gua nggak sampai haram, tergantung, masuk kategori abu-abu, tp gua sebisa mungkin menghindari pacaran. Gua husnudzon aja, mungkin emang susah nyari kerja, kerja di sana jg mungkin bisa membawa perubahan suatu hari nanti lebih sharia compliance? Mungkin dibalik itu sbnrnya sedekah dia banyak? Kan who knows... tp kalau sudah meremehkan bahwa itu dosa, gua udh kaya auto beda jalan hidup gitu, udah nggak beriringan lagi, walaupun gua sebenarnya tetep husnudzon jg mungkin karena emang beneran gak tau blm dpt ilmunya. Dulu gua pernah salah ngomong dan menyakiti dia, udah minta maaf, tp sebenernya dia jg pernah lho membuat gua tersinggung... andai dia tahu... ya udah impas. Sekarang-sekarang alhamdulillah nggak ada masalah, tp ya itulah gua menghargai diri gua dgn tidak sering-sering terpapar nanti jd mati rasa dan menggampangkan jg. "Tp kan? Jaman sekarang, kapan punya rumahnya nanti?" Ya udah silahkan aja gua menghargai tp tidak ikut-ikutan toh banyak kok org Jawa dr petani, kuli, pedagang, guru, dll dr dulu alhamdulillah bisa2 aja idup entah bangun sendiri lah dr rumah sgt sederhana, ntah dapet rumah subsidi lah, entah cash pun ada jg rejeki nggak ada yg tau seperti di film tukang bubur naik haji org2 takut gak punya duit esok hari dia takut "Ini gimana duitnya gak abis-abis Mak, udh disedekahin, malah makin banyak", dll. Kadang jg suka ada tuh yg ngadu ke gua "kok Bank Syari'ah X pelayanannya jelek mending ke Bank lain aja" apakah kamu anggap aku akan membela mati-matian? Tentu tidak kalau emang jelek ya gua bilang aja "Iya emang jelek bgt, hati-hati ya lain kali". Gimana ceritanya gitu gua jd tempat complain "Kok kaya sama aja" "Kok pelayanannya tp..." gua customer service-nya jg bukan apalagi manajerialnya kecuali ini ya kalau sekedar curhat aja dapat perlakuan nggak adil dan mencurigakan (bahkan mengarah ke fraud) dr suatu Bank, trs lu temen gua nanya "emang gini ya?" ya paling gua bantu tanyakanlah ke Emak Bapak gua yg lebih berpengalaman pahit manisnya kehidupan. Pokoknya gua tuh jd suka males jg gitu deh ditanyain soal agama jg, kalau emang niat ya ayo ke Ustadz atau ke Bapak gua seenggaknya. Jd suudzon tau nggak, ih ntr gua jelasin malah buat ngehina-hina agama gua lagi, ih kalau gua tanggepin ntr ngomongnya malah nyakitin doang lagi soal agama gua. Lagipula nyadar diri juga si, gua tuh bukan Ustadzah atau guru ngaji bnrn. Cuma sesekali aja kalau kepepet gak ada Ustadz atau S.Ag. atau santri lain atau yg lebih relijius. Atau kalau yg emang gua bisa, semampunya gua lah. Yaaa... Memang yg bnr2 sudah 100% verified Tulus cuma penyanyi Indonesia Sewindu, Teman Hidup, dll tea. Namanya maksudnya, beneran Tulus 😅 Eh tapi Sewindu liriknya salah dia sendiri jg nggak si? Mending Jason Mraz - Make It Mine... Apa Rude. Kalau ini gua beneran ngeluh, ih lu 8 tahun ngapain aja? Kalau misalnya anak, itu dalam periode segitu dr merah sampai udh bisa lari kali. Dari dulu nih sebenarnya gua ingin mengungkapkan ini, akhirnya kesampaian jg.

"I'm gonna marry her anyway~
And we'll be a family"
Uuu 🥺❤️ A gentleman 🧑‍💼✅
Gondrong lagi kaya Nabi 🦁
Oh My God
I'm forever a fan...
MAGIC!

Btw gua uninstall WA
It's just too demanding, ada notifikasi minta update mulu
Udh update dan install ulang tp blm diapa-apain, jd nggak bisa respon via WA dulu 🙏 Tx 👋

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.