Friday, August 21, 2020

Nggak Naik Kelas

Tapi aku juga pernah nggak naik kelas. Jadi, waktu itu kan aku lagi kuliah ya. Trs di Masjid Kampus aku daftar ngaji gitu, ini tp nggak wajib gitu, cuma mereka nyediain aja siapa yg mau gtu, gratis lg kalo nggak salah... Yg ngajar anak kuliahan di situ jg ga dibayar ikhlas aja beliau2. Trs aku daftar tuh kan aku placement test dpt pra tahsin, bejat sekali memang, sedangkan yg seangkatanku yg lain dpt tahsin 1. Sedih bgt. Hahaha. Nggak semua sih, tp kebanyakan. Jadi temen2 ngaji aku anak TPB semua gitu rata2 (tahun pertama). Kesian bgt yak. Tp nggak papah. Tapi abis itu aku ga naik kelas 😭😭😭 Pas ini tp kalo ga salah pas Tahsin 1 ke Tahsin 2. Trs kata temen aku yg kita seangkatan, selingkeran malah, sekelas pula kuliahnya, tapi dia lsg Tahsin 1.... pas dulu akunya pra tahsin... dulu dia belom ikutan kayanya (apa aku yg abs itu ngajakin dia ikutan ya πŸ€” kalo ga salah)... Kata dia "ikutan placement test lagi aja Rum" (biar sama2 Tahsin 2 gitu). Tapi sama aja aku dapetnya Tahsin 1 lagi 😭😭😭 Hahaha πŸ˜’πŸ˜‚ Trs kalo ga salah nggak aku lanjutin soalnya aku ngebut sks gtu udh bsa ambil skripsi, dlu mikirnya bakal cepet. Ternyata ga lulus2 😭😭😭 Hahaha πŸ˜‚πŸ˜… Tau gitu mah dilanjutkan sahaja mengajinya mungkin malah sudah Tahfidz πŸ™ƒ Ngapain ya aku nyerita2in aib aku gini? Ya udahlah katanya wanita suka bercerita memang. Oh iya tp aku seneng si ngaji, walaupun prestasinya malu2in* gitu

ntr pulangnya sore2 aku sama Irza atau Febri jalan kaki dr Masjid ke kosan kita msng2 ngobrol banyaaaaak banget. Trs kita menelusuri berbagai jalan2 gtu pindah2 jalur, udh kaya pulang sholat Ied πŸ˜… 

Trs dulu aku waktu SMA jg pernah kan kaya apalan 5-7 ayat satu Bab ngebahas sekelas, baca brg2 beserta artinya, trs diapalin ntr dicek udh pada hafal blm... trs sisa 2 org doang dari sekelas (40 anak) yg blm hafal 😭 aku sama temen aku cowok 1 ahahaha kasihan deh.

Trs dulu jg pernah tes baca Qur'an sekelas, nah yg bacanya baik dan benar nanti nilai agamanya di raport lsg auto 90 apa 100 gtu berapapun hasil ujiannya kelak πŸ’―. Trs muncul lah dua ✌ kalo ga salah Raudah sama Bety doang trs kalo yg mau nyoba dites lg boleh jg trs aku nyoba lagi 2 apa 3 kali gtu tapi ga lolos2 jg 😭 Hahaha. Trs itu kalo siapapun mau belajar trs minta dites di ruang guru masih boleh gtu sbnrnya ditungguin sampai nanti nggak cuma sampai jam mata pelajaran itu habis.


Tp wkt SMP aku pernah tes ngaji jg gtu trs biar ketawan aja temen2ku yg belum bisa baca Qur'an sama sekali. Aku Alhamdulillah lolos tp temen deket aku kena. Jadinya pas pulang sama guru pendidikan agama Islam aku pada diajarin ngaji, gratis tis tis, nggak usah bayar uang kaya les... di sekolah jg bntr. Jdnya kita kdg pulang bareng jd ga bareng. Tp kan aku nanya ya gimana rasanya? Sebenernya dibanding sedih dia malah seneng si "ketangkep" katanya si Ibu jg baik bgt, malah sedih belum bisa baca Qur'an sama sekali tdnya katanya, soalnya dia ga dikirim ke masjid wkt kecil kaya aku (HAH aku kaget bgt gtu)... Orangtuanya jg ga ngajarin baca al-Qur'an dari kecil. Ya udah gitu aja.


*padahal wkt SD aku TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) di Masjid top three mulu, ranking, soalnya seangkatan lama2 ya emang cuma sisa bertiga doang pft 😭😭😭 Hahaha sedih πŸ˜… Tp seneng kok ngaji itu beneran 😊


Memang belum bakat jadi Ustadzah πŸ˜…. Tapi dibalik kondisi aku yg memprihatinkan. Banyak yg jauh lebih memprihatinkan sebenernya. Beneran banyak.


Sukuk Prihatin: http://www.astroawani.com/berita-malaysia/kerajaan-lancar-sukuk-prihatin-tiada-rakyat-akan-dipinggirkan-pm-255695?amp=1

(Sumpah demi Allah baca headline beginian aja ngakak ga berhenti2, because It's somehow really funny in Javanese, kebayang kalo jd pejabat pemerintahan Indonesia trs ke Malaysia kaya beginian aja tdnya idung doang ketawa trs tau2 ketawa guling2 di lantai auditorium/ruang seminar ga bsa nahan lg) 


Tapi dulu wkt kecil aku kaya sering ikut lomba pildacil2an gtu... Trs pas bagian Bahasa Arabnya selalu deg2an bgt 😳 Entah doa pembuka maupun kutipan ayat Qur'an kaya "ASSALAMUALAIKUM WR. WB.!!! hazemele hazemele (tdnya semangat trs lsg aku pelan2in gitu, lucu si kalo diinget2, temenku aja nonton ketawa)". Tapi itu aku ngarang teksnya selalu sepenuh hati lho. Kenapa Dai'ah cilik? Ya karena emang paling cuma bisa ikutannya itu πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Adzan? Ga mungkin kan cewek. Apalgi ya hmmm... MTQ2an apalagi πŸ˜­πŸ˜… ya udah lah dikirim ke kontingen pildacil2an jdnya.  πŸ…πŸŽ–πŸŽ—


Lombanya semasjid, antar Masjid, trs masjid gede/jami'. Trs ada banyak hampir semuanya kebagian. Nyanyi grup, fashion show putra-putri-sepasang, mewarnai, kaligrafi segala... Semua umur jg kebagian tingkat kesulitannya disesuaikan. Di sekolah ada lagi pula ntr, lomba2 serupa. Seru bgt ya dipikir-pikir dulu super sibuk. Lucu2 pula, dgn segala kebodohan dan kepolosan kita. Ada pesantren kilat segala. Trs kadang krn sekelas ga cukup orangnya sering ada yg diikutin dua tiga lomba sekaligus gitu bagi2 jam aja asal gak WO biar ada wakilnya aja pokoknya.


Dulu pas ngaji dapet 5 buku gtu dr Kemenag (dipinjemin sih lebih tepatnya yg dikasih TPA aku): Qur'an Tajwid (nila), Bahasa Arab (oren kayanya), Sejarah Islam (biru), Aqidah Akhlak (hijau), 1 lg lupa. Itu paling bagus Sejarah Islam paling jeblok Qur'an Tajwid πŸ˜­πŸ˜‚ Tapi Alhamdulillah udh lulus kok Iqro 1-6 πŸ˜… Tenang tenang πŸ˜›


Hayo coba siapa yg blm bisa baca Qur'an?

Yg udh bisa, jgn lupa dibaca terus... nanti kaya aku lg kebanyakan maksiat kayanya jd dr awal lg, pra tahsin, trs ga naik kelas pula πŸ˜…

Jummu'ah Mubarak!

dan Selamat Tahun Baru Islam/Hijriah 😊

New year, new me ga nih? πŸ“…πŸ—“✨


Ooh gua inget 1 lg fiqih deh kayanya

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.