Monday, November 28, 2022

Kuda

Jadi tadi aku liat kuda, nah ini kudanya ada yg warna putih, tapi kalian tau nggak sih kalau kuda putih lebih rentan kangker kulit apa ya dan meninggal dluan huhu





Trs ada kuda poni, trs kuda pacu segala, kuda pacunya habis lomba menang juara 2 trs lucu bgt tantrum gitu rebahan nendang-nendang tembok kaya kecapekan, sempet bau sekilas, kayanya dia kencing eek deh pas aku datengin -..-, trs kuda poni yg di belakang jg agak bersin-bersin trs ngangkang kencing, ya nggak papah sih berarti dia udah nyaman sama aku udah nggak ada malu-malunya 😌🤭 moga sehat-sehat ya walaupun bersinin aku, udh mana ini nggak dingin kaya di Bogor atau puncak nggak pakai AC jg kandangnya aku agak khawatir sih, padahal ada yang kayanya kuda Eropa atau Inggris gitu besar bulunya tebal




Oh iya kampus aku punya Rumah Sakit hewan terbesar se-Asia Tenggara lho, jadi orang Malaysia jg yg mau jd dokter hewan pada kuliahnya di kampus aku, tp ini bukan di kampus aku ya, kampus aku juga punya UKM berkuda dan udah pasti itu hybrid ya kudanya campuran

Karena seperti yang sering aku bilang kalau kuda asli Indonesia itu kecil-kecil ya jokinya memang harus anak kecil kalau orang dewasa nggak akan kuat jd bukan child abuse, emang gitu, ah susah menjelaskannya hm, dan mereka juga tetep sekolah ya, emang ini juga kan budaya dari jaman duluuu nggak sih ajarin anak kamu berkuda, memanah, berenang kalau kata Nabi soalnya kalau jaman sekarang mungkin ajarin anak kamu nyetir sepeda kali, menurut aku mah udh bagus masih ada, sisa-sisa kejayaan kerajaan Islam kan, di Jawa Barat malah ada pacuan kuda di Sumedang udah nggak ada sekarang padahal di google map msh ada tapi

Nanti deh insyaAllah kapan-kapan kalau aku punya anak aku ajak ke kampus aku insyaAllah sekalian wisata edukasi aku lapor Pak jg ke sini

Trs kalian tau nggak sih? Kalau kuda jaman sekarang tuh sebenernya emang nggak kuat untuk ngangkut banyak-banyak lama-lama apalagi kalau nggak pakai sepatu kuda dll dan ada ancamannya di Indonesia di apa namanya UU makanya Andong di kampung aku (Bahasa Jawa: Andong, Bahasa Indonesia: Delman) cuma dr rumah (rumah Mbah) sampai depan gapura, makanya kalau di candi gitu mahal karena emang ya mahal perawatannya, trs di sini jg cuma anak kecil skrg ngangkutnya (tapi waktu itu aku ikut naik 😅) dan cuma di sekitar perumahan aja apa sih gua ngomong apa pokoknya intinya cuma mau ngasih tau kalau ada lho yg namanya undang-undang perlindungan hewan oke oke gitu ya

Trs kuda (liar) butuh tempat yang luas buat lari, karena dia kan nggak ada yang motongin kukunya tuh, nah kita nih (manusia) jahat tau kalau menyingkirkan mereka dan/atau semakin mempersempit ruang gerak mereka

Pokoknya intinya kalau menurut kalian belajar berkuda kok pricy ya setelah aku riset memang begitu harus begitu, safety first, padahal di sini udah mulai banyak ya stable harusnya logikanya bisa lebih bersaing harganya, trs aku baca belajar berkuda itu beda sama naik kuda aja kalau naik kuda aja bisa lebih murah emang, ya intinya kalau mau yg terjangkau ternyata ya itu harusnya dulu gua ikut UKM berkuda itu

Kalau yg olahraga berkuda gua bukan Nabila Syakieb ya https://www.tribunnews.com/seleb/2017/11/15/belajar-berkuda-itu-mahal-gak-sih-ini-kata-nabila-syakieb silahkan aja, cari tau lebih lanjut, tapi kalau yg atas-atas insyaAllah valid



Jadi jangan impulsif ya pada beli kuda gara-gara gua, dipertimbangkan baik-baik, benar-benar dulu, sebenernya gua lebih setuju yang jinakkin kuda liar di Jawa Barat itu walaupun kejam sekilas tapi seenggaknya emang habitat aslinya di Indonesia jadi nggak terlampau ribet

Google aja lebih lanjut, sama aja kaya binatang yang di-bleach atau kawin sedarah padahal berisiko cacat, nggak semua yg terlihat menarik itu baik

Tapi ya harus ada upaya konservasi jg, darurat konservasi, harus ada pengawasan ketat jg, harus diperhatikan juga kesejahteraannya (baik yang liar maupun yang dipelihara) yg mana hewan tuh bukan buat nyari duit semata emang, tapi di sisi lain ya Allah ciptakan kan untuk kita manfaatkan jg emang jd ya nggak papah diajak ini itu, yah miris sih memang jaman sekarang kalau liat manusia bahkan hewan ketergantungan duit trs ada yg kesusahan nyari makan di alam, ada nggak ada duit, harus tetap bertanggung jawab ya, di Islam ke istri aja nggak wajib ngasih duit bahasanya tapi wajib ngasih nafkah (provide) ngerti nggak sih gua ngomong apa? Kan kita lagi inflasi dan kerusakan lingkungan nih, tapi manusia dan hewan tetep butuh makan, jd maksud gua kita semua bertanggungjawab nggak cuma ngandelin duit karena duit makin hari minggu bulan tahun seakan makin nggak berharga apalagi pandemi dan perang semakin menyadarkan kita akan ilusi mata uang ini dosa riba dll tp kalian harus tetep ngerawatin apa yang dibawah tanggung jawab kalian gimanapun caranya nggak hanya bergantung uang tp bergantung Allah, jgn stuck nyari duit aja fokusnya, jgn mata duitan sampai ngorbanin banyak, yg wajib bukan nyari duit kalau di Islam, ngejar duit nggak ada habisnya jg, seimbang aja dah lah gua takut dibilang ngelantur padahal gua serius tapi bingung aja nyampeinnya

Maksud gua kalau misalnya lu pinter masak, pinter ngejait, sebenernya itu udah layak kalau mau punya istri walaupun duitnya seret misal nggak harus kerja formal. Hari ke hari kaya Si Gundul aja tuh yang penting sregep. Yg penting berdasarkan asas suka sama suka tidak ada paksaan, kalau nemu perempuan yang mau-mau aja, ya nikah aja. Punya kuda jg nggak harus kaya dulu tapi kalau bisa mah kaya dulu ya mampu ngerawatin dlu belajar dlu baru punya peliharaan, diri sendiri harus udah berkecukupan baru mau punya peliharaan atau nambah tanggungan. Jangan miskin, serba nggak mampu, tapi nyari istri atau kuda, cuma karena nafsu padahal ke dirinya sendiri aja nggak bertanggungjawab. Jangan ya. Tapi kalau nggak punya duit, punya kuda, kebutuhan dan perawatan kudanya maksimal ya nggak apa-apa. Karena nyari duit mah nggak ada habisnya... Pasti kurang trs... Dan karena lu wajib bertanggung jawab atas apa yang dibawah kuasa lu

Malahan kalau cuma punya duit doang tuh nggak cukup! Kalau di Islam sih nggak boleh zalim ke diri sendiri maupun ke yang lain. TITIK.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.