Wednesday, January 22, 2020

Sedih


Sedih deh, jd monas lagi dirombak gitu.Trs nonton berita jg WALHI mengkritisi pemerintah Jakarta menebang pohon di sekitar monas. Waktu itu jg pernah rame twit kurleb "Jakarta mau tenggelam trs malah bikin kompetisi ginian (mau ada taman tumpuk gtu di bundaran HI atau patung selamat datang klo nggak salah) prioritasnya gimana?". Sekarang ngeliat monas pohonnya ditebang jd makin bingung ini bukannya kita perlu makin banyak daerah resapan ya? Apa nanti pas renov dibikin biopori segala? Haduh pusing.

Beberapa hari yang lalu juga liat berita siswa SMP meninggal 2 hari setelah lompat dari lantai 4 sekolah diduga bunuh diri tapi masih diselidiki motifnya, astaghfirullah sedih ya. Abs itu ada mayat tengkorang di rumah di Bandung, kata Ibu2 di ruang tunggu di sebelah aku kemungkinan gelandangan soalnya yg punya rumah di luar negeri, sedih deh. Etapi dipikir-pikir sering terjadi gelandangan itu bukan karena ketersediaan rumah yang kurang/tidak cukup ya? Kaya misalnya di Amerika, aku liat video di ajplus atau aljazeera liputan tentang gelandangan di sana, ada gelandangan pdhl sebenernya sebelahnya bangunan gede kosong. Tapi harga real estate makin melambung aja jd nggak sesuai sama daya beli masyarakat. Kalau menurut aku ya, salah satu faktor utamanya riba. Jd inget dlu pernah cerita ada Ustad yg saking nggak mau ribanya nyicil beli tanah dlu, bahan bangunan, dstnya pokoknya sederhana gtu. Tapi mereka kan bukan muslim jg ya apa daya? Coba kita yg muslim jgn sampai lah kaya gtu jual rumah mahal2 krn bunga padahal banyak yg butuh tapi alhasil jd pada nggak bisa beli. Apa bedanya sama rentenir? Kita jg hrs hati2 sbg masyarakat umum akan tipu daya setan dalam berbagai macam dan bentuknya. Yakinlah sama Allah, bergantung lah sama Allah, apa2 yg Allah atur tuh demi kita sendiri jg kok biar selamat dunia akhirat.

Kita khusnudzon aja ya mungkin mau dibikin empang, waduk, buat mancing, buat water sport kaya di Bali, buat nampung persediaan air klo banjir atau ntr tenggelem. Tp nggak mungkin jg si tulisannya mau untuk tempat terbuka, lapangan upacara, gtu2... Tapi2 reklamasi yg kmrn bakal ke hantam lelehan gletser ntr kurang dr 50 thn lg ternyata ada gunanya jg buat ngehadang sampah di muara biar ikan di laut nggak ungu2 amat kaya ikan2 di Jakarta dan sekitarnya. Walaupun hrsnya sih kita skrg evakuasi, adaptasi, bersihin sungai dan jaga lingkungan. Mari kita simak aja.

Btw ini cuma lewat dan banyak wartawan gitu.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.