Monday, December 2, 2019

Dilema Kontribusi

Kadang ya org tuh bnr2 nggak sadar kalo kita rela berbuat kebaikan sama mereka. Nggak pernah kasih kredit. Malah klo ada kabar baik yg dipuji-puji org lain. Giliran kita berhenti, marah-marah. Padahal sbnrnya bukan kewajiban kita juga, cuma pengen berkontribusi, pengen lebih baik, pengen berjalan nggak cuma wacana, pengen ada perubahan, atau ya pengen berbuat baik aja, gtu2 deh. Tapi ternyata keenakan. Kadang gue sampe mikir "are these people using me?" kayanya dari jaman baheula gue udh sering curhat deh di sini. Soal dilema pengen berbuat baik tapi takut dimanfaatin, pengen org2 tau gua sesungguhnya siapa atau insyaAllah bisa apa aja tapi bukannya diajak kerjasama dgn cara yg patut dan upah yg wajar malah dieksploitasi. Atau kalaupun free dibalas dgn treat yg baik lah nggak kaya sampah. Sedih nggak sih? Ya udh jdnya aku rada tertutup deh kadang. Tapi kdg klo ada org lain dipuji gue suka pundung gtu kaya sbnrnya gue tuh jg bisa malah mungkin lebih bagus, tapi selama ini ya buat sendiri aja. Tapi kabar baiknya aku tidak pernah bosan kok mengekplorasi diri.

Huft.

Some people treated me like shit but they don't realize it's actually them who are shitty.

Stop underappreciate women, mom, friend, admin, worker, helper, volunteer, staff, leader, anyone...

Bnr jg ya di agama diajarin barang siapa tidak bersyukur pada manusia berarti dia tidak bersyukur pada Tuhan-Nya.

But anyway, buat siapapun yg pernah ngerasa underappreaciated by me, here it is: makasih banyak ya atas ini itunya, doanya, semuanya... ini itu aku/kita berhasil berkat kalian juga.

*Replace ini itu with certain act, event, or achievement.

Semoga aku nggak tamak dan egois semua2 krn aku aku aku... krn kenyataannya ada campur tangan Allah, ortu, org2 lain jg. Toh kita itu bisa milih kan nyuapin apa... termasuk nyuapin ego, nafsu, loyalty, integrity, integration, kebersamaan, dll atau mungkin compassion. Choose compassion. A little evening reminder mostly for myself.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.