Saturday, January 28, 2023

Tontonan Gua (Shorts Makanan)



Yang atas orang Filipina ada mirip-miripnya gitu sama budaya Indonesia, jd inget dulu gua pernah nonton sinetron Filipina di VIU, di YouTube jg kayanya, lompat-lompat, nggak abis-abis gitu kaya sinetron Indonesia. Yang bawah orang Vietnam, gua suka tau orang Vietnam, gua udah sering bilang ya. Vibe-nya tuh giggly gitu lhoh happy-go-lucky ceria gitu lucu trs nggak ada yang rasis ke orang Indonesia... Beda sama orang Amerika, Jerman, Arab*, dll... Trs sepengamatan gua, orang Vietnam sama Jepang tuh percaya hari akhir jg gitu rata-rata, surga neraka. Mungkin mereka waktu kecil nonton dragon ball dan kera sakti jg ya.

Tapi orang Vietnam ni bagus tau parenting-nya dia nolak minuman aja sopan bgt, trs selalu bilang "Thank you Mama" lagi, udah dimasakin disiapin susah-susah. Bagus ni Nguyen Nguyen green flag bgt, semoga gua bisa jadi orangtua yang baik dan dikaruniai anak keturunan yang baik-baik jg. Kalau ada temen gua yang mau nikah sama orang Vietnam, gua restuin!

.

*Perkara Arab sebenarnya gua nggak pernah ngalamin atau menyaksikan rasisme langsung sih, kalau yang ini, tapi gua pernah nonton gitu keturunan bekas perbudakan/budak negro jaman dahulu di sana hidupnya ngenes banget. Belum, ada juga di negara Arab dimana gitu nggak berhak dapat kewarganegaraan, tapi gua lupa ini yg mana karena apa... Bahkan kayanya keturunan orang kulit hitam ini jauh lebih susah dibandingkan di Amerika atau Inggris untuk naik kelas sosial ekonomi, dapat pendidikan juga, lebih nggak sefleksibel itu, struktur masyarakatnya, pokoknya terkatung-katung gitu deh. Eh, bukan negro ya? Afro? Aduh nggak tau lupa.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.