Wednesday, August 3, 2022

Buku, Riwayatmu Kini

Baru ngeh di Indomaret sekarang udah nggak ada rak komik, koran, & majalah itu ya? Dulu pun gua jarang beli sih karena mikirnya ini rak hanya untuk orang-orang kaya (bayangin kalau jajan permen kan cuma berapa rupiah)

Tp di sisi lain ini kemunduran peradaban ya

Apakah kita semakin miskin atau semakin bodoh? Ataukah dua-duanya? Atau karena sekarang sudah online jadi nggak kuat lagi penjualannya nggak laku, tp komik online nggak se-hits komik fisik tetep aja.

Trs jg pilihannya sedikit kalau Conan biasanya dia telat gitu udh beli duluan di Gramedia, kalau majalah atau koran mending langganan lsg dianter ke rumah, ke loper koran, di pasar lebih murah. Tapi di pasar juga sama aja udah punah, darurat literasi nggak sih kita.

Astaghfirullah.

Tapi gua jd kangen deh dulu sebulan sekali ke Gramedia beli Conan. Skrg udah nggak pernah. Trs tiap Kamis nungguin Bobo kdg Nyokap gua sampai muter ke pasar-pasar tradisional buat menemukan edisi terbaru buat anak-anaknya. Trs saudara gua koleksi juga sampai di-kliping jadi beberapa buku. Eh dijilid deng lebih tepatnya, hard cover. Blm sepupu gua langganan Hidayah. Trs kalau ke rumah tetangga ada yg langganan majalah resep itu. Ada juga Kartini, Femina. Enaknya ke rumah orang kaya tuh ini ya 😅 Banyak buku/majalah di ruang tamunya. Jadi mau Nyokap gua sewot berapa jam juga gua nggak masalah nemenin Ibu ke rumah temennya.

Sebenernya emang inflasi tuh paling dahsyat terdampak ke sektor buku, krisis ekonomi segala. Dan kita sedang melewati dua-duanya. Kaya dulu gua ngumpulin uang jajan cuma mampu beli komik. Trs sempet tuh gua mulai beli novel udh bangga bgt. Sekarang beli komik aja nggak mampu. Cri.

Eh tapi belum bener-bener mati sih, surat kabar ada di app store ada di YouTube. Gua masih nonton Bobo jg di YouTube. Cuma ya yg fisik udh nggak selaku dulu tp Bobo ternyata msh ada (majalah) fisiknya.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.