Tuesday, July 19, 2022

Lincoln (2012) & 12 Years A Slave


Ini gua suka tau film-nya guys, gua tadinya udah mau nonton dr kapan tau, tapi nggak jadi-jadi... Pada saat itu...


Mungkin di benak gua film perang, berat, boring, film biografi jadul. Pasti gua nggak kuat otak gua mbledos ๐Ÿคฏ tapi ternyata it turns out to be great ๐Ÿคฉ๐Ÿฅบ Udah mana Steven Spielberg kan hadeu mabok lah gua ini. Trs lama gitu emang temponya dan filmnya. Nggak sat set sat set dhuar. But it's still quite bearable.

Habis nonton I was like... Abraham Lincoln ini bener2 kaya Nabi ya. Berbudi luhur sekali, nggak salah Bapaknya ngasih nama Abraham.

Seperti Mankiw yg tak mampu aku gapai versi aslinya aku nonton ini jg bajakan ya guys ๐Ÿ˜”๐Ÿ™ Maaf ya Steven Spielberg and crews tp udah bertahun-tahun semenjak tayang di Bioskop kok ๐Ÿฅบ☹️ tetep nggak boleh ya? Maaf ya kalau gitu mungkin kelak kalau gua udah kaya gua suka mikir insyaAllah gua beli yg asli untuk menebus dosa-dosa gua ๐Ÿ“˜๐Ÿ“€๐Ÿฅฒ btw sebenernya mending beli textbook bekas sih atau waris atau pinjam kakak kelas/perpustakaan (tp nggak bisa dicoret-coret) atau beli bareng lsg ke penerbit biar dapat harga lebih terjangkau tp kalau yg Mankiw tetep lumayan sih wkwk e-book-nya aja lumayan paling beli bekas td tp msh susah nyarinya


Maksud gua... Dia tuh kaya berusaha membebaskan Amerika dari perbudakan gtu kan (pelan-pelan), trs berusaha mencari kedamaian, gtu2 ya nggak si? Hmm bagus dah! Bener. Di film itu. Wuallahu'alam. Tp mungkin memang selain komik/manga/kartun genre favorit gua Biografi kali ya. Oh sama ini sih Romcom, Shoujo, Kisah Detektif, Kisah Misteri. Eh tp nggak deng Misteri dan Detektif sok2an aja itu gua sbnrnya rada-rada mabok jg. Tp penasaran ya? Kadang... jd tetep ngikutin. Thriller ๐ŸŽข sgl. Something that makes you go "what a thrill". Film Horror gua nggak suka ๐Ÿฅฒ๐Ÿ‘ Scream doang gua nonton kayanya ๐Ÿ˜ฑ

Coba deh kalian tonton, kalau menurut kalian gimana?
Habis itu kita diskusi ya boleh di bawah ๐Ÿ‘‡
Please rate, comment, and follow jg jgn lupa ๐Ÿ‘‰

Kolom komentar gua percuma bgt, ditutup aja kali ya, cem Tumblr. Eh nggak deh jangan banyak komen-komen lama yg gua suka kok kecuali iklan pinjaman tunai sih ๐Ÿ™ Nggak dulu makasy ๐Ÿƒ‍♀️๐Ÿ’จ⚡
Eh tp gua suka deng itu Mumun! Masya Allah tp itu Mandra lebih ke mengingatkan kita untuk sering-sering mengingat kematian nggak sih, sebuah zikir dalam bentuk sinetron ๐Ÿ‘ Give him award please ๐Ÿ† masa kecil yg sungguh berharga sampe blm ganti-ganti seragam dong gua ngejoglok di depan/bawah TV ๐Ÿ˜‚
Kaya takut, tp lucu, keren bgt sumpah ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Tukang Bubur Naik Haji juga sebenarnya bagus tau guys lucu Bang Juri nih memang sama Nani Wijaya Top ๐Ÿ” Kolaborasi yg apik ditambah dgn comfort food banyak orang lagi ๐Ÿฅฃ๐Ÿค’ Film perang yg bagus tuh ini si... Darah Garuda trilogy bagus bgt ๐Ÿ‘Œ


Ini juga bagus kalau kalian mau tau konteks tentang Sejarah Amerika dari sisi mereka. Lebih tepatnya sisi Bapaknya ini yg anaknya jadi aktivis apartheid (?) apa deh gua jg bingung. Pokoknya gitu dah. Mereka dibakar gitu di bus hidup-hidup ngeri banget dah. Tapi sempet jadi bandel jg anaknya jd nggak jelas Bapaknya ngamuk deh susah-susah gua nyekolahin lu biar punya nasib yg lebih baik dari gua. Trs ceweknya jg diusir (tp emang parah si, cowoknya jg nggak ngotak ngajak cewek ke rumah). Cuma akhirnya sadar gitu tobat trs balik lagi nggak aneh-aneh.

Tp di satu sisi gua paham sih, mereka tuh warga desa cuma merasa terancam aja. Tp mungkin emang ada jg yg benci aja karena nggak ngerti atau ikut-ikutan. Tapi masih lebih sedih Oliver Twist sih tetep. Ada yg versi 1968 ada yg 2005 tp gua nonton yg 2005.

Nah kalau yg td Lincoln kalau yg di film ini ada Kennedy. Walaupun bukan tokoh utama. Ada jg presiden sebelum beliau. Trs ini tuh ngena bgt ada yg baik bgt ke semua org (calonnya) tp pas kampanye doang. Kenapa nggak sekalian aja kita semua merasa calon-calon pemimpin sekalian biar semua orang baik terus? Kan kalau di Islam panduan memilih pemimpin gua baca karakter pemimpin yg baik itu yg ketika bukan siapa-siapa seperti pemimpin ketika menjabat seperti rakyat. Kemarin gua nonton short pas bgt ttg Najwa Shihab cerita ke Timor Leste kalau di sana calon presiden ada banyak nggak cuma 1 atau 2. Perdana Menteri Jepang juga sih setau gua calonnya ada banyak. Nggak cuma 1 atau 2 nggak kaya pemilihan Gubernur di Jakarta atau Presiden Indonesia sama Amerika jg ya calon presiden cuma 2 rata-rata. Lah masalahnya political party juga sisa 2 di sana karena mahal ongkosnya atau mungkin krisis pemimpin. Ya nggak tau lah gua Fisip jg bukan. Masalahnya Jakarta juga tuh dulu Sutiyoso dan Fauzi Bowo trs karena nggak ada yg lain aja trs krn org Betawi jg aja jadi dipilih. Tp nggak punya duit jg bisa kok menang, banyak, tergantung. Gua jadi inget dulu ya itu ada yg kampanye pengasapan nyamuk itu kan murah ada yg benerin jalan, trs nggak kepilih, trs diambil lagi conblock-nya. Benerin jalan tuh sebenernya tugas bersama ya guys tp btw walaupun mungkin truk gitu lebih banyak kontribusinya kalau rusak tp ya sebenarnya pemerintah tuh emang nggak peduli sama kalian aja jd nggak usah demo-demo mandi di bolongan jalan atau minta-minta perhatian pemerintah di TV dah lah patungan aja atau gotong royong capek sendiri ntr. Mana ada? Bapak-bapak jaman sekarang mah kerjanya nggak mau berat-berat, nggak mau kotor-kotor, tidur aja. Cewek semua apa-apa. Memang laki-laki lebih potensial jadi brengsek ya. Hm. Cewek lebih rentan dieksploitasi. Laki-laki jg si kalau masih muda. Lebih parah malah kdg. TV sering bgt bilang tugas pemerintah tugas pemerintah apa emang iya ya kdg gua sering mikir gitu, emang dari diri kita jg kan mau hidup gimana. Jadi benerin jalan tugas siapa? Hibah tokoh masyarakat? Developer? Kades? Warga? Perusahaan? Pemerintah? Semua benar kali ya. Udah kaya Famili 100, jawabannya banyak. Makanya gua nggak masalah tau gaji supir lebih tinggi dari PNS/Dosen diam-diam di lubuk hati yang terdalam. Nggak sih lsg ke kades, camat, jg nggak masalah sebenarnya tau coba deh diperbaiki penyampaiannya sebenarnya bilang baik-baik juga mau ada masalah apa aja bakal dibantu manusia tuh aslinya baik. Kalau yg Tangerang Banten, Depok, Bogor gitu ya kdg sering udah tandus banyak truk lagi trs kadang sempit bahkan, tata kotanya semrawut. Kenapa sih nggak nanem pohon aja Bogor kalau banjir naikin jalan mulu. Puyeng gua padahal habis bikin jalan kan itu berarti lahan sekian hektar habis buat jalan tapi habis itu nggak ditanamin pohon lagi. Trs gua kira emang belum aja sabar tp mana? Nggak ditanam-tanam pohon lagi kanan, kiri, tengah abis proyek, udah keburu rusak lagi. Trs ditinggiin ditinggiin ๐ŸŽข  malah makin makin nggak ada resapan. Sama aja sih Bogor Jakarta Ciputat Bekasi nih padahal Bus Truk gede-gede. Nggak bikin gorong-gorong juga kaya Jogja. Nggak tau lah gua bingung konsepnya gimana ini negara. Mandalika jg kan? Banjir dulu sempet. Sebenernya ini tuh mudah anak SMA aja tau.

Jadi intinya gua ini ya selama kuliah cuma nungguin pohon tidak tumbuh-tumbuh, ya karena memang tidak ditanam-tanam.  Sampai sekarang jg tau msh. Tanamlah jg pohon-pohon keimanan akarnya kuat menerjang ke segala arah, buahnya akhlak yang mulia, tidak mudah jatuh diterjang berbagai badai kehidupan, asek puisi gua tuh jaman msh kecil gua seneng banget baca binder gua jaman dulu astaghfirullah sekali aku yg sekarang. Ya semoga ya yg banjir bandang di Bandung/Garut segala segera menyadarkan kita semua menghindari maksiat dan menjaga amanah, segera diangkat musibahnya. Ditanam lagi makanya pohon tuh! Jangan serakah. Gua sedih tau kalau denger lagu No Roots, kasian ya ini Bule, nggak tau apa-apa nggak tau asalnya darimana. Jangan buang sampah sembarangan, jangan lupa. Jangan ngebangun sembarangan gegabah nggak dipikirin dibayangin di masa depan bakal gimana. Bersihkan sisa-sisa makanan taruh di tempat sampah saling bantu-membantu kalau bisa dipisah yg organik dan non-organik. Yg kardus/kertas, kaca/beling, plastik. Bantulah tolong jangan cuma masukkin tas plastik plek ketiplek trs ditumpuk di gerobak jadi sarang nyamuk dan lalat. Kalau bisa diubah jadi pupuk segala kurangin beli pupuk mahal-mahal kurang-kurangin ketergantungan subsidi pupuk. Udah lah bahaya kata BBC Earth bisa mutasi, kangker, keracunan, kerusakan alam.

Menurut Dosen gua juga sudah dari 4 tahun yg lalu gua suruh baca lebih lengkap ya itu open source, nggak ada kayanya yg peduli demo aja pemerintah jg setengah-setengah nggak ada itikad baiknya nggak sungguh-sungguh, lebih baik dialokasikan untuk yg lain. Tolong lah pabrik baterai jg kerjasama. Perusahaan lampu lah. Perusahaan lain jg. Dipikirin siklusnya dikasih panduan, penyuluhan, sosialisasi aktif, pameran. Jgn cuma Aqua. Capek tau kdg jadi anak muda apalagi kalau orangtua nggak kooperatif, anak kecil jg. Emosinya meledak-ledak jg kdg gua sabar-sabarin memang faktor usia mungkin kontrol dirinya lemah. Padahal nggak semua orangtua selalu benar jg. Bingung gua sebenernya orangtua tuh mesti diajarin jg nggak sih? Minta maaf? Taat aturan? Mesti dibenahi jg nggak si? Apa dibiarin aja? Kalau anak kecil kdg msh nurut nggak nurut tp lebih mudah gitu dibentuk kebiasaan yg baik-baik kalau orangtua tergantung sih tp kdg lebih berat apalagi kalau udah terlanjur berkerak. Seumuran aja sulit kdg udh eh nggak jg sih banyak yg masih bisa dibilangin bahkan nggak usah dibilangin jg banyak sebenernya masih bening-bening tergantung lingkungan emang dan udh dr orangtuanya jg bersih. Cuci tangan jg. Ya udah ujung-ujungnya maafin, pasrahin, doain. Sama dari diri sendiri juga kayanya pokoknya contohin yang baik-baik semoga Allah SWT berikan kita istiqomah untuk yg baik-baik. Trs karena kalau yg jaga kebersihan segelintir tp yg buang sampah sembarangan ratusan jutaan ya berat jg jadi harus sama-sama saling mengingatkan tetep ๐Ÿ™ dimohon kerjasamanya.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.