Sunday, April 4, 2021

Nonton Ini Interview Pelajar Asing

 
Habis nonton ini jujur2 bgt 😂😅
Hayo lho hati2 yg merokok apalagi kalo di depan Ibu hamil 🤰
Manners matter 🙈

Selain pelajar asing pernah jg nonton di YouTube turis yg bilang kendala mereka di Indonesia tuh Bahasa
Gua sendiri kan kdg nyempil kosakata Bhs Inggris ya trs org nggak paham
Trs gua tuh suka ga sadar oh iya org Indonesia bnyk yg ga bisa Bhs Inggris ya
Tp ini tuh emang susah si kata gua untuk ngarepin org Indonesia pada pake Bhs Inggris

Pertama, kita bukan bekas jajahan Inggris kan tp Belanda (walaupun pada nggak bisa Bhs Belanda jg si, tp org Indonesia dulu/mbah2 bisa Bahasa Asingnya Belanda Jepang ya)
Kedua, org Indonesia punya Bahasa daerah, gua yg org Indonesia jg kdg sering roaming 😅 dan pake Bahasa isyarat atau Bahasa kalbu kok ngobrol sesama org Indonesia
Ketiga, yg bisa Bahasa Indonesia secara internasional jg makin hari makin banyak jd kdg makin keenakkan

Tp kalo Inggris, Korea, Jepang tuh banyak yg buka kelas Bhs sedangkan les Bhs Indonesia malah ga populer, jd menurut gua sbnrnya emang susah kalo ada pelajar atau turis asing... Sedangkan itu aja mereka Mahasiswa yg pasti ada pusat Bahasa di univnya

Apa sih Rum

Ya pokoknya gtu deh jd mereka lebih memilih ke Filipina, Malaysia, dll kdg (jalan2, kuliah, dll)

Tp ya gimana gua jg org Indonesia aja ga bisa banyak Bahasa Daerah cuma bisa Bhs Indonesia sama Inggris dikit2... kdg pusing jg jujur di negara gua sendiri

Gtu deh Mba

Paham kok, bisa agak frustasi jg emang kalo kita ga ngerti org ngomong apa Bahasanya beda bgt

Ah ada lg deng keempat! Orang Indonesia yg fasih berbahasa Inggris bahkan tinggal di luar negeri mungkin, tetep seneng pake Bahasa Indonesia. Gua aja yg kata temen2 gua jago Bhs Inggris (padahal mah kaga jg) lebih suka pake Bhs Indonesia kdg (terutama kalo di Indonesia dan ngobrol sama org Indonesia jg, gila2 sumpah pemuda bgt), paling ya kalo komen YouTube orgnya English speaker aja, jd yaaa sampe 1000 tahun lg jg kalo ke Indonesia mungkin msh bnyk yg gak begitu keminggris... Apalagi kalo yg piyai sepuh

Tp pede aja, bisa kok komunikasi mah, ngebaur dlu aja

Soalnya emang rame jg sih. Lu pake Bhs Indonesia jd YouTuber ya followers lu bisa meledak

Bahkan artis mancanegara aja komen2nya banyak pake Bahasa Indonesia kadang

Males gtu ga sih? Org Indonesia pake Bhs Inggris trs inferior syndrome "ah nggak ah gua mah kaga bisa Bhs Inggris" jd belajar jg ga pernah dipake, nervous, ga pede

Trs gua liat komen YouTube kalo tdnya Bhs Indonesia trs ganti Inggris malah kdg banyak yg marah org Malaysia sgl jg tuh "Pakai Bhs Indonesia saja!"

Gimana jg manusia tuh makhluk sosial pasti seneng jg kalo rame

Walaupun hujatan semua jg atau ga sopan

Bad feedback is better than no feedback kan katanya

Trs mungkin krn dr kecil di SD org Indonesia belajar RPUL dan atlas kali ya jd gua ngerasa bnyk yg bisa Bhs Inggris malah ngerasa ah bisa Bhs Inggris ga sedahsyat itu, biasa aja, banyak negara di luar sana ga bisa Bhs Inggris jg... Dunia itu luas

Apa sih Rum

Gtu lah

Org Indonesia tuh banyak yg pinter Korea, Jepang, dll dll jd gua minder jg jarang pake cuma buat baca2 aja tp udh gak aktif atau bahkan mulai lupa kali nih Bhs Inggris formal

Hrs sering2 English Day atau gaul sama yg berbahasa Inggris aktif dengerin aja minimal belajar lg atau baca2 Bhs Asing/Daerah lg mungkin kan kata imam Al Ghazali jg ilmu itu diamalkan

Mungkin kalo kelak pada bsa Bhs Arab dikit2 malah lebih agak ada harepan ya gatau deng

Trs gua baru nyadar jg gtu nggak semua orang Indonesia bisa Bahasa Indonesia, banyak yg Bahasa asli atau daerah aja

Jadi kalau ke Indonesia trs ternyata orangnya aktif berbahasa daerah, misal di Jawa orang-orang pakai Bahasa Jawa, di Sunda orang-orang pakai Bahasa Sunda
Tidak semuanya aktif berbahasa Indonesia atau Inggris ya jangan kaget

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.