Tuesday, August 21, 2012

Sekedar Kicauan Malam, Basa-Basi/Omong Kosong

Hmm, gua suka males kalo ngobrol meaningless, apalagi kalo pendek2, entah kenapa basa-basi atau beneran pengen ngajak ngomong kerasa lhoh, percaya ga? Gua sih gatau juga perasaan gua bener apa nggak.. tp gua suka su'udzon.. ni orang lg basa-basi doang nih. Kalo cuman small-nonsense-talk tuh mendingan diem sekalian, kalo mau beneran.. yang panjang! Gua jabanin deh..*gaya ye* hha..

Gua suka sbenernya basa-basi, ketika ga ada hal yg lain yg seru yg bisa dilakuin selain ngobrol, ketika emang small talk aja bisa meaningfull karena cmn diantara kalian aja, temen akrab aja yg ngerti apa yg kalian omongin..

Dan situasi kedua ketika mengakrabkan diri. Sama2 pengen tau diri masing-masing, kaya ketika kenalan.. kita kan sering basa-basi tp ya ada tujuannya, semua org tau tujuannya ya biar kenal.

Tp ketika basa-basi yg bener2 asal ngobrol aja deh, tujuannya ga gue ketahuin.. Gua suka stengah hati nanggepinnya. Apa lagi kalo:
1) Basa-basinya ulangan, jd kemaren udh nanya atau udh bilang kaya gtu.. trs diulang lg asbun--asal bunyi
2) Nanyanya yang SEHARUSNYA udah lu ketahuin.. sekedar contoh: didepan kelas bu guru lg jelasin, besok mau ngapain, perlu bawa apa aja, bahkan alatnya sampe ditulis di papan.. dan tiba2 lu basa-basi: "Besok kita mau ngapain si? Bawa apa aja?" -_____-
3) Ketika malah GA ADA ORANG YG TAU
Kebalikkanya no. 2 ketika org asal nanya aja pokoknya.. yg ga ada satupun yg ngerti
Versi lainnya maksud gua... Ketika lu ga mau cerita ada masalah apa dgn diri lu, tapi lu small talk ke gua ga jelas, depresi, stress, tiba2 nyindir2 ke masalah lu yg bener2 I Have No Idea What are You Talking About! Small talk yang sok-sok bikin penasaran.
4) Small Talk yang nyindir gua.. yang intinya lu ga suka gua, tp lu ga pengen kelihatan jahat, jd lu nyindir... tp yg satu ini gua ga sebel2 amat.. toh gua ga perlu nanggepin, gua boleh diem aja..
5) Small talk ketika gua lagi serius. Dan small talknya bukan buat bikin gua rileks, bukan melucu.. sekedar bosen, trs males ngobrolin topik utama tp cukup cemen buat terang2an bilang pengen ganti topik.. trs ga mau balik2 lg ke topik yg sesungguhnya.. lebih sebel kalo topik utamanya penting!
DLL.

Intinya, basa-basi pun harus jelas tujuannya, dan tujuannya yg baik.. Misal:
• ketika minta tolong atau ada maunya, utamanya sama yg lebih tua, biar ga kasar, kita basa-basi dulu..
•basa-basi sekedar mengisi kesunyian, tujuannya untuk menghibur lawan bicara, agar si lawan bicara tidak kebosanan atau ngantuk karena diem aja..
•basa-basi ketika ada hal yg kebetulan lucu atau menarik, tujuannya biar suasana jd ceria, menyenangkan, dan lebih akrab..
•basa-basi ketika kenalan atau ketemu relasi (temen/temen lama/keluarga/keluarga jauh), tujuannya menjalin silaturahmi agar nggak dibilang sombong
•dll deh

Saran gua kalo pengen menjalin keakraban, kalo emang temen dekat, dr pada basa-basi mending cerita tentang diri lu akhir2 ini.. Bikin gua seneng lu masih inget sama gua..atau cerita tentang kenangan2 bareng.. Untuk yg ini seabsurd apapun gua bakal masih ngerti, atau minimal terhibur :)

Atau kalo emang bukan temen deket kan bisa ngomongin interest yg siapa tau sama.. Komentar/ngebahas tentang hal apa yg bikin gua tertarik. Atau bahas aja yang emang lagi happening di TV ataupun dimana2...

Atau emang lu bener2 ga punya topik? Ya udh ga usah ngobrol.. *jahat*

Tapi lu beneran pengen ngobrol? To tweeeeet... :)

Jujurlah! Curhat aja bebasin diri lu.. Jangan cuman "hey!" Gua males nanya dulu "apaaa?" atau "kenapa?"
Pengennya langsung denger cerita lu aja.. atau langsung nanggepin kisah lu aja..

Hmmm kok kedengeran/keliatannya kalo kaya gtu malah agresif ya... Malah hrsnya basa-basi aja kali ya?

Yaaah silahkan lah jadi diri Anda sendiri secara bebas... Saya hanya melepas unek2 kok.. jangan terlalu dipikirkan...

Saya hanya sering kesel aja, bukan benci kok, tidak ada keharusan untuk melakukan ataupun tidak melakukan hal2 yg saya tulis di atas kok...

Saya pernah belajar kok, kadang ada karakter seseorang yang mau nggak mau, suka nggak suka, ya kita terima aja! Harus bisa mentolerirnya... Ada sifat yg sulit dirubah, salah satunya mungkin kebiasaan basa-basi yg terlanjur sangat absurd dan sering kambuh yang ga bener2 ditujukan buat saya.. mungkin...

Mau seabsurd apapun kalo intinya lu emang pengen ngomong ama gua, accepted bgt kok XD

Tapi kalo lu basa-basi nya ke gue karena terpaksa, karena kebetulan adanya gua doang, karena sekedar bersopan-santun ke gua ga bermakna.. ya apa mau dikata, gua cmn bisa nanggepin setengah hati.. setengah hati ya setengah hati..

Untung ga ada yg bisa baca hati org :p

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.