Monday, July 23, 2012

Arum Amelia Memilih Kuliah

Dengan Arum Amelia?
Iya
Saya dr UI ingin konfirmasi, apa adik tidak mendaftar ulang?
Iya.
Boleh tau alasannya?
Mmm.. saya lebih milih yg IPB mba
Karena sudah di ITB?
IPB mba pertanian, bogor.. bogor...
Oke, saya konfirmasi sekali lagi ya? Ini dengan Arum Amelia, tdk mengambil prodi yg di UI karena lebih memilih yg di IPB?
Iya mba.


Rasanya itu.......... gak bisa digambarin pake kata-kata. Pilu? Entahlah.


 ***

Sangat sulit dan membingungkan memilih fakultas yang favorit, tapi sesuai kemauan dan kemampuan saya. Awalnya saya memilih Teknik Sipil, tapi tiba-tiba saya takut membuat bangunan. Lalu Teknik Mesin, lalu Perkapalan. Tapi latar belakang saya sebagai wanita membuat saya berpikir dua kali. Tiba-tiba terpikirkan IT, bukan! Bukan Ilmu Komputer! Di UI, Ilkom dgn Kedokteran sama-sama sulit bila saya mau realistis dengan kemampuan saya. Maka saya memilih Sistem Informasi di UI. Tapi saya harus realistis, pilihan kedua di SNMPTN agaknya harus lebih aman dibanding pilihan pertama.

Kelas 1 SMA saya melakukan psikotes dan hasil tesnya saya lebih baik di IPS, walau akhirnya Ayah saya tetap kekeuh harus IPA, dan saya pun tak terlalu memusingkannya. Tp mengingat hal tersebut saya berminat membayar dendam saya dengan sedikit saja melenceng ke IPS (tolong jangan bilang ayah saya tentang hal ini hhe ^.^v ). Maka saya tidak ingin terlalu serius, saya tidak memilih mipa. Tetapi sebagai perserta SNMPTN Tulis IPA (bukan IPC, bukan juga IPS) akhirnya saya memilih:
1. Sistem Informasi - UI
2. Ekonomi Syariah - IPB
Semua setuju, semua bahagia. Restu ku dapat. Doa ku panjatkan.

"SIMAK UI! Pendaftaran hanya sampai 27 Juni"

Melihat itu sebagai salah satu siswa yang ingin menjadi The Yellow Jacketers saya gesit! Langsung daftar kelas NF intensif SIMAK. Langsung log in di website penerimaan UI sendiri. Setelahnya dengan orang tua dan teman-teman barulah kami memilih jurusan lalu bayar formulir. Saya memilih:
1)  Tek. Lingkungan (saya masih sangat berharap menjadi engineer, menjadi mahasiswa fakultas teknik, mimpi saya ingin seperti Ayah saya minimal mirip-mirip tekniknya aja deh *aduh jadi sedih ni* hehehe)
2) Sistem Informasi (pilihan saya di snmptn)
3) Geografi (Cadangan saya bila tidak diterima di SNMPTN tulis, dari hasil simulasi tes tulis di NF skor saya cukup aman di prodi geografi UI, tapi hati saya masih kurang yakin, hanya saja jika nantinya kurang betah, tahun berikutnya saya berniat ikut ujian masuk bidang IPS, lalu pilih Ilmu Ekonomi UI)

Hari ketika hasil snmptn tulis diumumkan, saya ke website penerimaan UI terlebih dahulu. Hati saya benar-benar berdebar, takut, berharap, semua bercampur aduk. Ketika akhirnya saya memencet "lihat hasil" Yak!

Maaf, Anda belum lulus seleksi masuk kali ini.
Bahkan saya pencet tombol hasil berulang-ulang, hasilnya tetap sama saja, tapi saya tetap tersenyum! Kece kaaan? hhu.

Lalu saya siapkan hati ke website admisi.ipb.ac.id
DAN SAYA DITERIMAAAA! Alhamdulillah. Sejak saat itu saya sudah mengeset hati. Saya terima IPB eksyarnya dengan tulus, ikhlas, dan penuh rasa syukur. Apalagi mengetahui bogor adalah wilayah yang tidak terlalu asing bagi saya. Lalu saya ingat, "Gimana ni kalo SIMAK UI-nya keterima? Apalagi klo sistem informasi yang keterima?" karena memikirkannya hanya membuat stress, maka saya berusaha untuk tidak terlalu memikirkannya. Sekaligus tidak terlalu berharap. Sekaligus menerima kenyataan saja. Masih lama ini... #Eh tapi ternyata pengumumannya dimajuin! Panik sejenak, langsung lemes. Ketika bangun tanggal 19-nya bahkan saya tdk melihat jam tidak melihat kalender. Hanya bangun seperti biasa. Saya sudah merasa: situasi akan sulit.



Saya benar-benar TERHARU.
*walaupun masih setengah ngantuk

Dan situasi... benar lah sulit. Saya dapat UI, tapi geografi. Tapi saya sangat bersyukur saya tidak sendiri menghadapi masa bimbang ini. Saya sangat senang Triya dan Trias sahabat saya di SMP dan SMA, tidak lama setelah pengumuman menanyakan kabar saya, hasil ujian saya, dan lain sebagainya. Dan dari beberapa kerabat saya (Windi, Trias, Mba Nuri, Ibu, dll) mendukung saya dan menerima dengan senang hati jika saya memilih prodi Eksyar - IPB. Perlu curhat-curhat terlebih dulu. Tapi hati tau dia ingin kemana.

Saya sudah menetapkan hati di Ekonomi Syariah - IPB.

Intinya semua doa saya selama ini terkabul:
Lolos SNMPTN tulis.
Dapet UI.
Hehe.



Terimakasih Tuhan :)
Semoga seperti doa di Shalat malam saya, semoga ini yang terbaik. Amin Ya Rabbal Al-Amin

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.