Thursday, April 13, 2017

curhatsecurhatcurhatnya: soal nikah muda dan foto pribadi

-Nikah Muda-

Gua pernah stres gara2 dimana2 ngomongin nikah mulu. Akun dakwah yg ngomong cinta2an mulu gua block/unfol. Jujur ini gua mah. Rasanya tuh kaya dijejelin "Lu blm nikah! Lu pendosa!". Padahal mah sbnrnya gak papah. Mental gua msh menolak ngomongin begituan bener2. Nyokap gua jg ±24 baru nikah, tiap org kan punya prosesnya masing2. Jadi kalo dipikir-pikir wajar bgt klo gua bukannya pengen, malah lama2 takut kalo ada yg ngomongin nikah mele.

Tapi gue punya Allah gue curhat sama Allah atas segala beban dan tekanan ini... dan kadang kala sama keluarga dan bbrp temen yg sefrekuensi. Dan gue bersyukur bgt sama Allah, dan gua juga bersyukur Allah kasih lingkungan yg anggepannya nerima gua apa adanya.

Kadang gue insecure ngomongin nikah2an, gue curhat, jujur bilang ke temen, apa ada yang salah gak ya ama gua belom cinta2an. Trs mereka kaya baik gitu "Aku dulu juga gitu kok rum" kata temen gue yg udh punya calon. Berasa they softly speak to me "You are enough kok rum." Gue/kita terima eloe kok rum. Gue gak ada niat maksa2 loe nikah atau apa. Gue juga dulu takut kok rum. Makasih ya makasih ya makasih ya TT^TT

Bokap gue jg nonton berita di tv trs malah bilang kasian kalo msh muda (mentalnya blm siap) udh (disuruh) nikah. Dan gua bahagia banget.

Mau cerita juga sahaja ni kalau di sini http://time.com/4709403/older-mother-benefits gua baca soal ibu2 yg punya anak di atas 25 thn, dan hey ternyata banyak positifnya juga...  Tuh kan, ternyata ada alasannya hati gua msh menolak. Gua pribadi blm siap. Trs hubungan seksual yg terlalu dini jg nggak baik bisa jadi salah satu faktor kanker serviks.

Kadang kepikiran, rasanya kok di Bogor banyak yg cerita pengen nikah muda, tp aku ndak pengen-pengen amat. Apa aku aneh? Apa gua dosa belom kepengen? Ah gak juga kok di daerah perkotaan, ini sesuatu hal yg lumrah. Dan gua masih 22 masih umur yg sangat wajar blm siap nikah. Kebutuhan untuk financially and mentally stable jauh lebih mendesak, dan nikah juga kalo yg layak kondangannya gak murah2 amat di perkotaan. Gua semakin yakin akan untuk tawakal dan kalem kalo ada yg ngomongin nikah. Sekarang gua jd lebih paham akan perasaan gua.

Kalo ada yg bercanda nyuruh nikah... Jgn ikutan baper dan kepengen Arum, kalo emang sebagian besar hati kamu msh nolak. Gak usah terlalu ikut2an bercanda soal nikah dan pura2 pengen bgt nikah juga. Tp tau2 abs itu malah panik. Trs depresi lg. Diem aja saling doain aja... Mungkin malah yg bercanda nyuruh nikah itu (kalo blm nikah) malah yg pengen didoain cepet nikah, udh pengen tp msh berhalangan. Kamunya mah kalo blm pengen gak papah. Wkwk. Udh gtu aja.

-Foto-

Lanjooot, topik selanjutnya, akhir2 ini gue sadar kalo gua gak terlalu suka asal difoto, dan gua gak terlalu suka asal membagikan foto. Krn gua mulai sadar itu privasi. Nggak perlu dikonsumsi publik. Soalnya kadang manusia yg gak begitu kenal kita bisa rese, sok tau, aneh-aneh... Dan gue juga gak pengen pengen amat wajah gua terkenal si. Sedangkan org2 (atau kalo di Tumblr yaitu "society") akhir2 ini suka difoto dan berbagi foto diri. Itu sempet agak beban jg. Menjadi rada berbeda. Trs td pagi gua baca kalo org bule juga gak suka asal difoto dirinya atau anaknya, kudu ijin dulu. Alhamdulillah gua semakin yakin akan pemikiran dan kata hati gua. Ternyata kalo selama ini gue mikir dan nanya ke diri sendiri "Emang gua aneh ya?" "Emang salah ya? Kalo mutuskan lebih hati2." Yap, ternyata tidak apa-apa. Perasaan tidak nyaman dan aman untuk mempublikasi beberapa hal itu wajar. Kamu boleh punya pendapat bahwa banyak hal di hidup kamu yg gak perlu2 amat diumbar, termasuk foto pribadi.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.