Monday, April 25, 2016

Jurnal Harian

jour•nal: a daily record
Kali ini gue mau cerita tentang jurnal harian gue. Jadi, semenjak hari selasa tanggal 6 oktober 2015, gue mulai (mencoba) rutin menulis jurnal harian. Sebenernya dari dulu si pengen. Cuman istiqomah dan konsisten itu sulit yah.

Waktu SD gue pernah curhat di buku binder kecil yg hits jaman dulu tea, nggak rutin, cuman curhat tentang cowo gitu (halah) trs udah nggak gue urusin lagi itu binder, dan suatu hari, itu kertas file copot dan disapu ama emak gue (entah gimana ceritanya lupa) terus dibaca kakak gue... terus gue diledekin abis-abisan -_- semenjak hari itu gue rada males punya buku diary isinya rahasia-rahasiaan (elaaah ntr juga ketahuan). Dan waktu SD gue pernah nggak sengaja baca kertas/buku gitu di rumah temen gue, isinya "aku sebel sama arum/amel (lupa)... bla bla bla" dan itu sakit banget sumpah. Gue pura2 gak tau, gue pulang, sok pendiem dan sok-sok gak nafsu makan (tapi akhirnya tetep nafsu makan). Dan belajar dari situ, gue gak mau bikin jurnal rahasia2an dalam hal cinta-cintaan, maupun sebel-sebelan, pasti ketahuan, dan gue tau rasanya orang yang disebelin (walaupun diam-diam), sakitnya tuh disini *nunjuk jantung*.

Terus waktu SMP gue nulis jurnal, isinya nomor hape, tanggal ultah temen, lirik lagu dari hunter x hunter sampe lagu barat, curhat gue salah nyapa orang, curhat drama korea. Nggak rutin juga. Dan itu sampe SMA masih banyak yang kosong. Btw, itu ngebantu banget soalnya gue suka lupa ultah temen. Terus gue suka nonton drama korea dan seru dan gue nggak tau mesti cerita sama siapa. Jadi... ITU NGEBANTU BANGET.

Terus waktu SMA, nah kalo gak salah mulai lah gue ngejurnal di internet (di sini :) muach). Isinya curhat kalo gue lagi sebel dengan beberapa part yang disensor (nama karakter, dll), lagu yang gue suka, korea2an yg gua suka, baper-baperan, dll. Tapi semenjak kuliah fakir internet gitu. PR banget lah, secara ngeblog kan butuh internet.

Sebenernya sebelum SD juga gue udah suka corat coret buku gitu (udah suka ngomong sendiri TT TT suka berimajinasi suka banyak yg dipikirin) ya gitulah, tp waktu kecil gue bukan nulis melainkan gambar-gambar cewe gitu tapi tanpa leher trs rambutnya kaya nanas (kata kakak gue... sakit. TT.TT) gambar gue mah apa atuh. Secara gue masih kecil, belom bisa gambar dan nulis yah.


Awal banget gue nulis oktober itu... karena sebelumnya pas KKN-P kerjaan gue nobar Vampire Diaries yg season 2 (kalo nggak salah) di laptop Ayu. Kan si Stefan itu adalah si vampir yang rutin nulis diary ya ceritanya... dan gue langsung kaya "gilak keren banget kalo gue punya jurnal gitu". Dan gue nonton, baca, dll tentang orang yang rutin nulis jurnal dan itu kaya keren gimana gitu. Banyak org sukses yg rajin nulis jg. Banyak sih sebenernya trigger untuk nulis jurnal... kaya misalnya waktu itu pas banget lagi agak susah tidur gitu, lagi banyak pikiran, lagi pengen jadi jurnalis dan berarti harus bisa nulis dong at least jurnal harian, lagi nyadar kalo gue suka pikun dan harus rajin nyatet, dan banyak lah... Ya gitu lah. Akhirnya gue beli buku di gramed, ini penampakannya:
buku yang beli di Gramed
Ukurannya seperempat A4. Namanya sketchjournal. As you know, gue suka gambar. Dan semenjak SMP gue sering beli sketchbook gitu, diracunin si Teripang, kalo udh abis (maupun belom abis) suka beli lagi. Jadi ini adalah buku yang tepat sekali dengan kebutuhan seorang gue yang pengen nulis jurnal harian dan suka gambar. Kalo ada garis-garisnya asa gak bebas gtu. Trs gue suka gambar kan ya... aneh aja kalo nanti di jurnal itu gue gambar di kertas yang ada garis-garisnya. Trs ukurannya kecil enak dibawa kemana-mana... jakarta-bogor misalnya. Terus warnanya kuning melambangkan kreatifitas, warna komplementernya ungu (kesukaan gue). Pokoknya gua bahagia banget dah.

Dan ternyata beneran ngebantu, gue waktu itu lupa bimbingan tgl berapa aja dan kapan aja, agak ngebantu pas gue baca-baca ulang jurnal gue. Gue tuh pikunan jadi, selama sekolah juga agak rajin nyatet, walaupun kadang pake kode-kode doang, trs pake panah, dan kayanya yg bisa ngerti catetan gue ya gue doang hahaha. Jadi, mungkin kalo nanti gue amnesia kaya dipelem-pelem, ada gitu yg bisa gue pahami dr semenjak oktober 2015 wkwk canda deng.

Kadang gue males atau bingung nulis... jd isinya gak mesti tulisan, bisa gambar atau quote:
sketch journal cintakuh <3
Lanjut, ini gue mau cerita sedih, siapin tisu! Jadi pada suatu hari gue lupa nutup jendela kamar dan di bogor hujan besar, kamar kontrakkan gue ada bagian yg lantainya banjir deh, trs buku kuning ini juga ikut kebanjiran TT TT heu. Sedih kan? Akhirnya gue jemur dia (gak gue buang), abisan ada tanggal ganti softlens gue disitu, dan gue sayang buku ini. Walaupun akhirnya gue ganti buku baru (karena udh mau abis juga si). Buku barunya dapet gratisan dari seminar sukuk gitu:
buku gratisan
Akhir-akhir ini lagi nulis/curhat pake bhs inggris. Buat belajar, walaupun grammarnya ajrut-ajrutan. Dulu di blog ini, kalo gue lagi marah gue juga nyoba buat komitmen, curhat pake bhs inggris. Di satu sisi marahnya reda soalnya gue pusing bolak balik google translet. Di sisi yg lain vocab nambah lah yah dikit. Btw syukur bgt, buku gratisannya gak bergaris juga dan ukurannya serupa. Jadi tetep enak dibawa kemana-mana. Dan emang dasarnya gue kadang terlampau ekspresif yah, di jurnal gue pun suka gambar-gambar gitu:
ekspresif pake emot
Omong-omong sehari-hari pun gue ekspresif kata temen gue. Kalo energi gue lagi besar ya. Mata gue berbinar-binar dan suara gue semangat kalo lagi ngomongin sesuatu yg gue suka. Kalo lagi ditengah-tengah bercanda-candaan, mata gue suka muter dan mulut gue lurus seakan bilang "males banget" tanpa perlu gue ucapin. Dan memang kadang ada hal yang kurang total kalo pake kata2 doang wkwk, jadi gue tambahin emot deh pas nulis jurnal gue itu. Hehe. Tapi ada saatnya juga gue semacam keabisan batere gitu. Diem-diem aja. (GUE BISA KALEM KOK! SUMPAH!)

Btw, gak mungkir, gue pernah kesel sama orang trs gue curhat di jurnal gue. Abis itu tulisan gue itu, gue sobek dari jurnal gue, terus gue cabik-cabik dan gue buang. kadang gue mikir we should let go our hatred... yang kesel maupun dikeselin sama-sama gak enak... tapi jangan dipendem juga... dilampiasin aja... cuman gue tetep pada prinsip gue, jurnal harian gue buat konsumsi pribadi, tapi gak perlu lah ada sebel-sebelan dan harus rahasia2an, udahlah sobek dan bakar aja bagian gak enak itu. Biar gue tenang. Biar nanti kalo gue amnesia kaya di pelem-pelem, atau gue meninggal tp jurnal gue terkenal mungkin kaya Anne Frank... siapapun pas gak sengaja baca jurnal gue, rasanya "fun" aja, mungkin ada curhatan "gue lagi sedih" tapi ya sewajarnya aja.

Jurnal harian gue harapannya harus lebih banyak bersyukur dan berdoanya. Jadi lebih banyak maslahatnya ajalah pokoknya. Malah tadinya gue pengen bikin jurnal gue kaya buku Sherlock Holmes, ceritanya buku Sherlock Holmes itu jurnal hariannya Dr. Watson kan, isinya lebih banyak detil-detil pentingnya aja. Intinya gue cuman nulis yang nggak papah kalo dibaca orang dan ketahuan. Yang gak rahasia (yang bener-bener rahasia cukup Allah yang tau). Walaupun gue nulis buat diri gue sendiri, bukan buat orang-orang... Bahkan tadinya gue pengen bikin jurnal harian gue kaya observation journal gitu (mungkin kaya punya Charles Darwin, Christopher Colombus, dll) isinya lebih banyak detil2 aja, nggak begitu ada curhatan soal perasaan. Tapi biarlah semua berjalan begitu saja... senatural mungkin aku lebih suka~ wkwk

Kadang pengen juga sih nulis baper-baper gitu kaya Nizar Qabbani. Bagus~ quotes2nya <3. Tapi tetep... pengennya sih gemao ngasih tau bapernya karena apa dan ke siapa. Tetep gemao rahasia-rahasiaan. Cukup Allah aja yg tau, biarlah rahasia tetap menjadi rahasia. *padahal emang gak ada rahasia* *padahal emang gak ada yang dibaperin* *lagi more logical than emotional mode on wkwk* *capek ah kalo terlalu pake perasaan biarin aja hati gue berhibernasi* *padahal otak juga hibernasi* *fisik juga hibernasi* *hidupku abis dikasur* *canda deng*

Intinya sih sebenernya gue pengen nulis yang positif-positif aja. Intinya nggak cuman omongan... tulisan maupun pikiran... harus dibiasain positif si. Kalo ada hal sedih dibikin asik aja diambil hikmahnya. Bukan ngelupain kok, hanya ngelepasin. Ngomongin kesel, patah hati, galau dll baiknya ke Allah aja. Biar hidup tenang. Biar Allah sayang. Biar nggak kufur nikmat. Biar fokus ke hal-hal yang baik. Biar sehat juga. Dll. Ya nggak sih? Dan, kalo kata Baek In Ho "Hidup itu singkat. Jalanilah dengan bahagia." tul? #ea

Gimana? Seru kaaaaan punya jurnal harian~ ngejurnal itu salah satu aktifitas bersama diri sendiri yang berkualitas banget lhoh (high-quality me-time). Dan katanya mimpi yang ditulis dan dideadline-in lebih cenderung tercapai lhoh. Dan katanya gak ada mimpi yang gak tercapai, adanya pemimpi yang menyerah. Dan walaupun pada akhirnya kita menyerah sama mimpi kita atau Allah ganti yang lebih baik untuk kita, baca-bacain tulisan kita sendiri selama berjuang itu seru lhoh. Yuk lah nulis!

Beberapa hal yg kita lakuin itu... awalnya cuman ingin, awalnya harus dipaksain, tp lama-lama kita lakuin karena udah jadi kebutuhan dan kebiasaan... Semoga apapun itu, nulis atau apa... kebiasaan yang kita lakuin senantiasa kebiasaan yang baik yah. Aamiin. Walaupun kadang ada aja cobaannya. Wuallahualam, maafin kalo ada salah, Allah lebih tahu akan kebenaran yang sebenar-benarnya.

:)

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.