Wednesday, January 26, 2022

Pengalaman Ke Dokter Jiwa (2)

Jadi tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan aku sebelumnya yang Short Tips On Seeing Therapist masih bahas soal mental health. Kalau tulisan pertama tentang pertama kali ke Dokter Jiwa atau psikiater terus cerita apa aja tips yang kira-kira bisa bermanfaat. Kali ini aku mau cerita pengalaman aku aja setelah beberapa kali menjadwalkan pertemuan. Oh iya disclaimer dulu ya, ini mental health professional yang aku datangi Dokter Jiwa ya beneran Dokter yang ambil spesialisasi kejiwaan atau psychiatrist bukan psikolog, psikolog klinis, psikolog swasta, psikolog anak, etc you name it jadi tidak tahu aku kalau ke psikolog gimana, eh tapi tadinya aku hampir ke psikolog anak lhoh di sini ada juga deket soalnya.

Nah jadi aku memutuskan ke dokter tuh karena, hm gimana ya, aku merasa tidak baik-baik saja setelah sekian lama... dan... aku mau kerja, dan itu menurutku menghambat sekali. Jadi aku merasa perlu bantuan nih dan aku coba lah. Jujur ya, awalnya tuh udah bagus sebenarnya aku jadi ada kegiatan, trs kan harus bangun pagi karena praktiknya pagi sgl. Trs, rasanya tuh setelah minum obat aku merasa baik-baik saja bener-bener kaya nggak ada apa-apa. Jadi pas pertemuan selanjutnya ditanyain "Gimana?" ya aku jawab aja kalau minum obat sih rasanya udah sehat Dok kaya nggak ada apa-apa. Ya jadi begitulah rasanya. 

Singkat bgt ya. Aku juga nggak tau nih kelanjutannya bakal gimana...

Btw aku ketemu ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) di jalan, tp ini ODGJ-nya baik nggak suka ngejar-ngejar. Kalau dia minta apa gitu, trs kita bilang maaf, dia jg nggak marah atau gebuk-gebuk. Tp kalau ODGJ gitu suka kasihan ya nggak kerawat, rambutnya kusut, trs badannya jg rasanya mau aku bantu mandiin di Masjid terdekat. Tapi beliau lawan jenis, jadi aku urun, kalau bahasa rumah aku: saru. Kalau kerja di Dinsos apa Kemensos gimana sih? Ada hunting ODGJ di jalan juga gitu nggak, sama ke rumah-rumah warga nyari yg dipasung kaya dokumentasi Puskesmas mana gitu... Apakah ada Hotline-nya? Dulu waktu aku ngekos kalau malem juga suka ada di sebrang kosan aku, rasanya mau aku ajak ke mushola atau masjid terdekat, seenggaknya biar kalau hujan nggak basah kuyup trs kan dingin tidur di pot semen atau pagar bagian semennya BRI gitu (udh kaya kucing ya)... Apa di trotoarnya. Tp aku nggak tau ini ODGJ-nya jinak nggak takutnya ntr malah aku dipukul lagi? Di dalam kampus aku jg ada yg suka lewat tp msh lumayan lebih rapih dan bersih, kdg ikut kuliah, ini pasti pada tau yg sekampus sama aku tp kalau dia setau aku alhamdulilah msh ada keluarga apa gmn gitu. Pakai kerudung jg. Jadi paling keluar kdg minta nasi/makan gitu, kdg jg dikasih sedekah sama warga, tp kalau malam kayanya sih masih pulang gitu. Hah, lega rasanya, walaupun wuallahu'alam skrg msh ada dan msh hidup atau nggak. Takutnya juga kan orang hilang gitu.

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.