Tuesday, September 1, 2026

Kangen Patah Hati

Entah kenapa gua kangen patah hati yang patah hati banget gitu
Jadi gua kan diganggu disukai dideketin cowok trs yg bikin studi gua, karir gua terganggu yg mana cowok-cowok ini gak dewasa demanding banyak maunya tapi gak ngeliat org lagi kesusahan ya gitu dah bukannya dibantu sbnrnya mau bantuin sih tapi gak bisa
Trs gua jg waktu itu dilamar trs sama cowok padahal gua lagi mumet bgt skripsian dll sampe depresi
Di satu sisi gua bersyukur ada yg mau tp di sisi lain caranya tuh gak tepat

Nah trs gua kayak ya udah lah gua nikah aja gua nawaitu nyari jodoh trs bukannya dapet jodoh gua malah gagal nikah trs

Tapi gua gak jadi-jadi nikah itu, walaupun pilihan hidup gua sendiri, ya patah hati juga
Ada yg gua sampai muntah-muntah, nangis terus, ngerasa inilah ajal gua syahid karena menahan diri dari cinta yg haram
Jadi tuh gak semata-mata Bapak gua, temen gua, guru spiritual ya alim ulama kurang dukung. Gua nanya pendapat mereka tapi gua jg ya punya alasan tersendiri mundur.

Tapi gua pokoknya dengan kesadaran penuh gitu lho ah yg ini terlalu ganteng (takut dipoligami, ganteng tengil lagi), yg ini terlalu kaya (mau mantesin diri dlu), yg ini terlalu kaya, yg ini terlalu soleh (takut aja insecure karena gua gak soleha2 amat)
Mikir-mikir dulu ya
Trs udh mereka ilang, tunangan, nikah... Sama yg lain

Tp sekarang tiap gua patah hati atau gak jadi nikah tuh kayak biasa aja, udh gak ada yg sedahsyat yg dulu-dulu lagi

Kayaknya org2 yg nyari kebahagiaan tuh salah deh
Gua malah kangen hidup susah, penuh penderitaan, dan kebangkitan jg sih
Sedangkan kalau hidup happy-happy aja, malah hampa, jaman sekarang orang konser party terus itu kebahagiaan yg semu belaka menurut gua

Bahagia yg sesungguhnya menurut gua ketika lu bersusah-payah, trs dapat hasil yg sepadan
Bahkan lu bersusah-payah nyari jodoh trs nggak jodoh itu udah bahagia banget, gua, seenggaknya lu udah saling mengenal satu sama lain
Blm diajarin do'a-do'a, diajak ngafalin al-Qur'an, dll

Tapi enak banget tuh jadinya dengerin Rossa yg Tega "aku tau dirimu kini telah ada yg memiliki tapi bagaimana kah dengan diriku?". Gua kangen masa patah hati yang patah hati banget. Aneh gak sih? Masokis ya gua 😅 coba dong cowok yang soleh patahin hati gua, lemparkan aku puisi-puisimu, ceritakan aku kisah-kisah Nabi trs baru sadar kalau kita gak jodoh lalu menerima takdir dan lanjut menjalani hidup kangen diremuk-remukin masa, hati gua, sebenernya gua tuh udah gak pernah patah hati yang sedahsyat itu lagi karena emang nggak nyari jodoh lagi trs juga gitu sih
Kalau dulu tuh bener-bener siang malam do'a minta jodoh yang baik, ikhtiar trs juga gitu sampai download aplikasi cari jodoh tp skrg...
Gua tuh sadar ya, kalau nikah itu nggak bakal menyelesaikan masalahku, gak yg bikin gua tiba-tiba aman nggak dilecehkan lagi atau gak ada yg ngelamar lagi trs bisa fokus studi dan kerja, nggak juga

Tetep aja udh nikah jg ya org mah ngelecehin ya ngelecehin aja, trs malah gua jadinya bukan cuma nyakitin diri gua sendiri tapi juga suami gua

Bahkan jaman sekarang ada suami yang jual istrinya sendiri karena faktor ekonomi

Ngerti kan? Kayak, gua yang polos dulu itu menganggap bahwa nikah itu bakal menyelesaikan sebagian besar masalah hidup gua, gua bakal dilindungi, gak ada lagi cowok yg berani jahat sama gua

Tapi gua yang sekarang, yaaahhh ada bagusnya jg sih jadi kayak, emang cuma Allah doang yg Maha Melindungi

Nikah gak nikah ya nggak ngejamin

Bahkan jaman sekarang itu salahsatu contohnya Ria Ricis nikah malah yg ngelindungin suaminya dari dilecehin

Kalau gua terlanjur nikah dan begitu... Anjir apes bgt gua nikah niatnya pengen dilindungin, kok jadi gini, kayak capek bgt gak sih? Udah mah cewek, jadi cewek aja capek, trs masih harus waspada, kebalik gak sih? Ya tp cuek-cuek aja jg gua kok kayak gak ada hati, ya terpaksa aja

Nikah itu gak perlu sepertinya, kecuali sama org yg tepat ya? 🤔

Mimpi terburuk gua bukan nikah sama org yg salah toh salah jg gua dapat hikmahnya, dapet pelajaran hidup, apalagi kita muslim bisa pisah coba lagi

Tapi nikah trs jadi versi diri gua yg salah, itu lebih serem sih, kayaknya kalau nikah sama bad boy trs gua jadi hancur berantakan tu gua nggak dulu deh gua nggak nikah2 aja dirubung cowok gak bener melulu udh hancur bgttt

Pokoknya tipe gua tuh cowok yg lebih gentleman dari gua, apa "a lady can do it all but a real man won't let it"

Cowok yg lebih cowok dr gua, yah pokoknya yang kek kemarin lah ya Allah tp ilmu agamanya lebih dalam dan akhlaknya lebih bagus, gua selalu dibilang lu juga siapa sih tp menurut gua gak worth-it nikah asal nikah malah mumpung blm nikah msh bisa milih yg baik buat dunia akhirat gua

Kan kalau langgeng worth-it
Kalau patah hati lagi juga worth-it

Mungkin itu jg sebabnya gua gak ada yg nyangkut-nyangkut lagi karena benchmark terbaru gua udh upgrade bgt gitu masa dia lucu, pinter, kdg2 baik mau2 aja sama gua...
Trus gua kayak "siapa aja dah yg penting nikah" kan gak mungkin
Gua jadi sulit, kalau gua nikah sama yg gak lebih soleh lebih baik gua ngerasa bersalah hmmm tp gua yg sekarang jg gak lebih soleha dr gua yg dulu sedangkan jodoh cerminan kita

Btw kalian nyadar gak sih kalau cowok, kalau org Indonesia tuh banyak yg kadang burn-out jadi orang baik, jadi selama ini dia baik, padahal gak perlu baik-baik bgt, sekemampuannya aja, baik aja jg nggak papah, gak usah baik bgt
Trs jadi berhenti baik yg baik bgt lagi, yg mana jadi kerasa kayak sadis, padahal cuma berhenti jadi baik bgt aja

Tapi gak yg jadi jahat jg

Tetep baik jg

Kalau di luar negeri bnyk yg kayak joker, baik, trs dijahatin, trs jadi rada2, jadi kriminal

Kalau di Indonesia org baik tp malah dimanfaatin atau keenakan jd kebaikannya malah berasa kewajiban, atau dituduh macem2, trs jd kapok atau trauma baik, masih baik, gak yg tiba-tiba jahat

Burn-out jadi orang baik tuh
Lu kayak gak sanggup lagi aja berbuat baik yg harusnya sukarela malah jadi kayak utang
Jadi gak berdaya aja ngelakuin kebaikan yang udah mulai makin memberatkan

Contoh nih misalnya kayak Pandawara mereka sukarela bersihin kali, pantai
Bahkan sampai nguras kantong pribadi
Tapi org2 malah ada yg makin semena-mena buang sampah sembarangan, ada yg kotor dikit bukannya kerjasama bebersih tp "mana nih Pandawara ni"

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
South Tangerang, Banten, Indonesia
Do you know, how many stars in the sky? Do you know how many flowers in this universe? I don't know. But alone, or together they are awesome. I want to be like them.